Pages

Sunday, June 15, 2014

Benarkah MSG dalam Nugget dan Sosis Bikin Anak Bodoh?

Saya memiliki anak laki-laki berusia 5 tahun, di usianya ini dia lebih lahap makan jika lauknya nugget atau sosis. Saya khawatir dengan kandungan MSG-nya karena info yang saya tahu terlalu banyak konsumsi MSG dapat membuat anak jadi bodoh. Apakah benar? Berapa banyak penggunaannya yang tidak membahayakan anak saya? Soalnya saya sering pakai bumbu penyedap juga kalau memasak. Terimakasih.

Rita (Perempuan menikah, 29 tahun)
rita25XXX@yahoo.com
Tinggi badan 160 cm, berat badan 56 kg

Jawaban

Halo Rita,

Sampai saat ini bukti-bukti ilmiah tidak terbukti anak jadi bodoh karena terlalu banyak MSG. Ada beberapa orang yang hipersensitif terhadap MSG, itu betul. Jika diberikan pada orang yang hipersensitif reaksinya bisa bermacam-macam dari fisikal (gatal, pusing, mual, keringat dingin) sampai behavioiural (ADHD, hiperaktif).

Untuk pemilihan makanan sosis dan nugget itu tidak baik Ibu, karena kandungan nutrisinya yang miskin, pengawetnya banyak, lemaknya tinggi (digoreng, belum lagi saat pembuatannya saya jamin lemak-lemaknya tidak disisihkan). Jadi saya khawatir bukan karena kandungan MSGnya tapi kandungan nutrisinya.

Leona Victoria Djajadi MND

No comments: