Sunday, June 15, 2014

Apakah Mata Minus Bisa Disembuhkan dengan Makan Sayuran?

Dok, apakah mata minus bisa disembuhkan dengan memakan sayuran?

Aman Kardi (Pria lajang, 18 tahun)
amankardiXXXXX@gmail.com
Tinggi badan 175 cm dan berat badan 45 kg

Jawaban

Dear saudara Aman Kardi yang dirahmati Allah SWT, terimakasih atas kepercayaannya kepada kami. Langsung saja menuju ke pembahasan.

Mata minus di dalam dunia kedokteran disebut myopia (miopia). Istilah lainnya adalah rabun jauh dan penglihatan dekat (short-sightedness).

Miopia terjadi apabila cahaya difokuskan di depan retina dan bukan tepat pada retina. Hal ini terjadi karena kelainan refraksi mata. Perlu diketahui, organ refraksi mata adalah kornea, lensa, aqueous,dan vitreous humors.

Miopia adalah kelainan refraktif yang paling umum dijumpai di seluruh dunia. Diperkirakan sekitar 1,44 milyar penduduk dunia menderita miopia. Angka ini sama dengan 22,6% populasi penduduk dunia.

Konsekuensi ekonomi akibat miopia berkaitan dengan penderitanya yang menerima koreksi dan refraksi yang sesuai, diperkirakan mencapai angka US$45 milyar.

Miopi yang tinggi terkait erat dengan katarak, glaukoma sudut terbuka, makulopati dan choroidal neovascularization, perubahan retina perifer (misalnya: degenerasi lattice), lubang retina dan air mata, sebagaimana retinal detachment.

Solusi
Miopia dapat dikoreksi dengan kacamata berlensa negatif (cekung), contact lenses, orthokeratology atau operasi seperti: laser refractive surgery dan intraocular lens implantation.

Penggunaan tetes mata (drops) atropine untuk mengontrol bertambahnya (progression) miopia amat menjanjikan.

Terapi terbaru untuk meningkatkan visual outcome pada mereka dengan sequalae miopia berupa choroidal neovascularization, suatu penyebab mayor kehilangan penglihatan pada miopia tinggi, sedang dikembangkan.

Hingga kini, belum ada riset yang menyebutkan bahwa sayuran tertentu dapat menyembuhkan mata minus (miopia).

Demikian pembahasan ini, semoga memberikan solusi.

Salam sehat dan sukses selalu!

Dokter Dito Anurogo

No comments: