Tuesday, July 15, 2014

Benarkah Bayi yang Terminum Air Ketuban Napasnya Selalu Bunyi?

Dok, anak saya lahir pada tanggal 14 Juni 2011. Kelahirannya Sectio Caesar karena saat usia kandungan menuju ke 9 bulan 10 hari, air ketubannya habis sama sekali (paling ada cuman 7ml). Ketika lahir, bayi tidak langsung dibersihkan Dok, alasan dari RS karena bayi kurang hari, dan dia perlu untuk dihangatkan dulu. Besoknya baru di bersihkan. Memang, ketika masih dalam kandungan kami sudah mengetahui kalau ada kelainan jantung. Kelainannya itu katup jantung yang 1 nya belum muncul.

Setelah selesai di bersihkan muncul masalah baru, napasnya sesak, selalu bunyi ngik-ngik. Apalagi waktu dia minum susu formula saya kasian dok suara napasnya itu seperti orang ngorok (mendengkur) setiap kali minum susu. Kebetulan dia sudah tidak minum ASI lagi karena dia tidak mau.

Yang mau saya tanyakan:
1. Apa benar anak saya telah meminum air ketuban? Jika ya, apa solusi yang harus saya lakukan untuk pertolongan pertama Dok?
2. Apa ada hubungannya antara jantung yang kurang normal dengan sesak napas?
3. Bisakah saya membersihkan sendiri air ketuban yang terminum oleh anak saya itu dengan bantuan suatu alat yang kira-kira Dokter bisa rekomendasikan?

Mohon jawaban dari Dokter. Sebelumnya saya mengucapkan ribuan terima kasih kepada Dokter yang sudah mau meluangkan waktu untuk membaca keluhan saya.

Faisal A (Laki-laki Menikah, 31 Tahun), faisal_XXXX@mykisel.com,
Tinggi Badan 173 Cm, Berat Badan 71 Kg

Jawaban

1. Seringkali bayi terminum air ketuban saat lahir, biasanya terjadi keluhan sesak pada saat itu dan akan ditangani oleh dokter dengan segera. Sesak yang sekarang ini timbul setelah minum susu biasanya dikarenakan alergi susu sapi.
Kondisi ini merupakan suatu hal yang tidak ada hubungannya dengan riwayat minum air ketuban saat lahir. Bapak dapat mengkonsultasikan dengan dokter tentang alergi susu sapi.

2. Sesak juga dapat diakibatkan karena kelainan jantung. Apabila hal itu terjadi apakah kelainan jantung tersebut sudah dievaluasi setelah lahir? Karena menurut Bapak kelainan jantung diketahui saat dalam kandungan. Apakah sudah dibuktikan anak Bapak menderita kelainan jantung?

3. Masalah air ketuban sudah terjadi ketika bayi lahir, untuk saat ini tidak ada hubungannya dengan membersihkan saluran napas.

Dr Aditya Suryansyah SpA

No comments: