Monday, October 27, 2014

Setiap Hari Batuk Berdahak dan Bersin, Bagaimana Solusinya?

Assalamualaikum wr wb, perkenalkan Dokter, saya Anita umur 19 tahun, mahasiswi dari Bandung. Ingin bertanya, Dok. Saya setiap hari berdahak sudah hampir satu tahun. Dahak saya bening kadang putih dan sangat kental. Kadang jika dahak saya muncul tenggorokan jadi gatal dan batuk. Setelah batuk sering sesak napas.

Saya setiap pagi dan malam selalu bersin lalu menjadi pilek hampir terjadi setiap hari. Air dari hidung saat pilek sangat cair dan kadang menetes bukannya meler. Kamar saya dulu sangat lembab apa itu penyebabnya, sekarang saya tinggal di kost dan masih tetap seperti itu. Kira-kira kenapa ya Dok? Apa obatnya? Apakah bahaya Dok? Bagaimana solusinya, Dok? Terimakasih Dokter Dito atas penjelasannya.

Anita Triana (Wanita lajang, 19 tahun)
anitatriannaXXXX@gmail.com
Tinggi badan 150 cm, berat badan 45 kg

Jawaban

Wassalamualaikum wr wb.

Dear Nona Anita Triana yang dirahmati Allah SWT, terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami. Langsung saja kita menuju ke pokok permasalahan dan solusinya.

Mencermati tanda dan gejala yang dikeluhkan, ada kemungkinan mbak Anita mengalami rhinitis (radang pada saluran hidung) dan bronchitis (radang pada saluran nafas bawah). Penyebabnya bisa karena alergi udara dingin (ditandai dari: munculnya setiap pagi) atau ada keterlibatan kuman bakteri terbukti dahak berwarna putih kental disertai batuk.

Solusinya sederhana, cobalah setiap pagi menghangatkan badan, dengan cara: minum teh/kopi/susu hangat, berolahraga minimal 30 menit, berjemur minimal 15 menit, mandi air hangat. Boleh diminumi obat batuk biasa dulu. Bila 3-4 hari belum membaik, maka dipersilakan segera menghubungi dokter keluarga. Bila dirasa perlu, maka dokter keluarga akan merujuk ke dokter spesialis THT.

Demikian penjelasan ini, semoga memberikan solusi.

Salam sehat dan sukses selalu.

Dito Anurogo

No comments: