Thursday, October 2, 2014

Telinga Sakit dan Berdengung, Bagaimana Solusinya?

Saya mau bertanya Dokter, saya sudah tiga hari merasakan sakit telinga. Hari pertama dan kedua terasa sakit sekali Dok sampai-sampai tidak bisa tidur. Tapi setelah saya beli obat di apotek untuk sakit telinga, sakitnya berkurang, Dok, tetapi terasa ada penyumbatan di dalam telinga dan berdengung Dok. Saya harus bagaimana Dok? Mohon jawabannya.

Ihsan Khalik Makkaraja
ihsankhalikXXXXX@gmail.com
Tinggi badan 165 cm, berat badan 90 kg

Jawaban

Dear saudara Ihsan Khalik Makkaraja yang dimuliakan Allah SWT, terimakasih atas kepercayaannya kepada kami. Langsung saja kita menuju ke pembahasan, ya.

Sakit telinga yang Anda sebutkan di atas belum spesifik, masih memerlukan anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang lebih lanjut oleh dokter secara langsung. Sakit telinga itu banyak sekali penyebabnya, bisa karena infeksi, luka, kelainan anatomis/fisiologis, penyakit/gangguan persarafan atau keseimbangan, keganasan/tumor, dsb. Penyumbatan telinga salah satunya dapat disebabkan oleh serumen (kotoran telinga). Hindari membeli obat sendiri di apotek tanpa resep dokter, mengingat efek samping obat ada yang mengakibatkan gangguan pendengaran hingga ketulian.

Demikian penjelasan ini, semoga memberikan solusi.

Salam sehat dan sukses selalu.

Dito Anurogo

No comments: