Wednesday, October 1, 2014

Agar Tubuh Tak Kurang Cairan, Apakah Harus dengan Minum Air Putih?

Mbak Leona, saya mau minta pencerahan nih, kan kita dianjurkan untuk minum air putih delapan gelas sehari. Itu benar-benar harus diminum air putih sebanyak 8 gelas Mbak? Untuk kebutuhan cairan sehari-hari apakah bisa dari sumber asupan lain? Supaya optimal jumlah cairan yang kita asup, memenuhi kebutuhan 2 liter cairan gimana caranya ya Mbak? Misal cara pengolahan buah atau sayurnya.

Vania (Wanita lajang, 21 tahun)
Vania9009XXXXX@gmail.com
Tinggi badan 156 cm, berat badan 60 kg

Jawaban

Halo Vania

Sebenarnya jika dalam bahasa inggris itu kami sebutnya 'fluid requirement' atau kebutuhan cairan, sehingga tidak melulu harus air putih. Tentu air putih adalah yang termurah dan bersifar netral di dalam tubuh sehingga merupakan pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tapi jika kamu ingin menambah asupan cairan lain seperti teh, jus juga bisa. Secara tidak sadar saat makan pun kita memasukan cairan ke dalam tubuh kita terutama dari buah dan sayur.

Cara terbaik mengolah makanan adalah dengan tidak menggorengnya karena saat menggoreng cairan yang terkandung di dalamnya menguap. Sementara untuk buah paling baik adalah memakannya langsung sehingga semua serat dan nutrisinya masih utuh.

Leona Victoria Djajadi MND

No comments: