Wednesday, October 1, 2014

Muntah Sejak Awal Kehamilan Hingga Hamil 3 Bulan, Mengapa?

Salam kenal dr Hari, istri saya sedang hamil 3 bulan dan dia sering muntah-muntah sejak awal kehamilannya. Kata dokter muntah dan mual begitu hal yang wajar di awal kehamilan. Tapi sampai sekarang dia tuh susah banget makan, tiap makan keluar lagi. Apa yang sebaiknya saya lakukan ya Dok? Kira-kira istri saya kenapa ya? Apakah mual-mual seperti itu bisa memengaruhi pertumbuhan anak kami? Mohon penjelasannya.

Yudha (Laki-laki menikah, 35 tahun)
Yudha.XXXX@yahoo.com

Tinggi badan 158 cm, berat badan 50 kg

Jawaban

Salam kenal juga Pak Yudha,

Mual dan muntah disaat kehamilan muda adalah hal yang wajar. Sebanyak 50-90% wanita hamil mual dan muntah saat usia dibawah 20 minggu. Mual muntah ini seringkali dimulai di minggu ke-5 kehamilan dan frekuensi muntah paling tinggi pada usia kehamilan 9 minggu. Frekuensi menurun setelah 9 minggu dan akhirnya pada usia kehamilan 16-20 minggu 95% mual muntah ini akan hilang, walaupun sekitar 5% Ibu hamil akan merasakan mual muntah hingga anaknya lahir. Walaupun angka ini cukup besar, tetapi ternyata hanya sekitar 0,3-2% Ibu hamil mual muntah yang membutuhkan perawatan di rumah sakit. Lainnya hanya memerlukan rawat jalan dan terapi suportif dan obat.

Pengobatan bisa dari yang paling dasar terlebih dahulu, yaitu mengubah pola makan. Hindari makan terlalu banyak sehingga perut sangat penuh. Makan porsi lebih kecil setiap 1-2 jam. Penelitian mengatakan bahwa meningkatkan konsumsi protein, konsumsi permen mint, minum jahe dan vitamin B6 dapat menurunkan kejadian mual muntah. Istri Pak Yudha juga sebaiknya mencoba-coba, makanan apa yang paling disukai dan ditoleransi dengan baik. Tiap Ibu Hamil mempunyai pendekatan yang berbeda. Hindari bau-bauan yang menyengat. Apabila perubahan sederhana diatas masih mengakibatkan tidak bisa makan dan minum hingga dehidrasi (kekurangan cairan). Maka sebaiknya masuk rumah sakit untuk dilakukan terapi suportif.

Semoga Bermanfaat.

dr. Hari Nugroho, SpOG

1 comment:

Tiara Restu Swandana said...

Thanks ya.. artikelnya manfaat banget.. buat referensi nyusun tugas dari dosen..
By : Mahasiswi Fakultas Kebidanan