Saturday, October 4, 2014

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi Tiap Hari?

Saya sedang mengandung anak ke-3, dengan usia kandungan 21 minggu. Di kehamilan yang ke-3 ini hampir setiap hari saya minum kopi. Yang ingin saya tanyakan, bolehkah Ibu hamil minum kopi setiap hari? Adakah efek sampingnya?

Yasmin Maria Santi (Perempuan menikah, 31 tahun)
yasmin_maria_XXXX@yahoo.com
Tinggi badan 153 cm, berat badan 75 kg

Jawaban

Dear Yasmin,

Selama kehamilan wanita dianjurkan untuk menjaga asupan makanan dan minuman karena dapat berpengaruh positif maupun negatif terhadap bayi. Beberapa penelitian menunjukkan adanya konsumsi kafein yang berlebihan (> 300 mg per hari ) berhubungan dengan meningkatnya angka kejadian keguguran dan berat badan lahir bayi yang rendah. Pada penelitian terhadap binatang, konsumsi kafein yang berlebihan selama hamil dapat menyebabkan meningkatnya terjadinya kelainan kongenital.

Kopi, teh, cokelat (khususnya dark-chocolate), soda dan minuman-minuman berenergi banyak mengandung kafein.


Sebaiknya selama kehamilan membatasi konsumsi kafein per hari dengan membatasi konsumsi kopi hanya 1-2 cangkir kecil per hari (bukan 1-2 cangkir ukuran grande). Sangat baik apabila mengganti konsumsi kopi menjadi teh karena kadar kafein pada teh lebih sedikit, atau menggunakan kopi decaffeinated.

Selain melakukan monitoring terhadap konsumsi kafein, sebaiknya Yasmin juga melakukan pemeriksaan USG rutin tiap 2 minggu sekali untuk melakukan pemantuan terhadap berat badan bayi.

Terimakasih

dr Aryando Pradana, SpOG

No comments: