Tuesday, December 16, 2014

Efek Bercinta Bagi Istri yang Tengah Hamil Muda

Dok istri saya saat ini sedang hamil 1 bulan, adakah efeknya jika kami tetap melakukan hubungan suami istri? Ada yang bilang sebaiknya tidak melakukan hubungan intim dulu jika istri tengah hamil muda, tapi ada pula yang bilang sebaliknya. Mana yang benar Dok? Usia kehamilan berapa bulan yang dilarang untuk melakukan hubungan intim? Terimakasih.

Raditya (Pria menikah, 29 tahun)
ditditdoXXX@gmail.com
Tinggi 172 cm, berat 63 kg

Jawaban

Hubungan seksual saat trimester pertama (3-4 bulan pertama) kehamilan istri sebaiknya tidak dilakukan. Apalagi bila wanita pernah mengalami keguguran. Masalahnya, saat berhubungan seksual terjadi reaksi seksual yang pada perempuan menyebabkan gerakan-gerakan yang cepat dan tidak teratur pada rahimnya.

Bahkan pada bagian akhir fase rangsangan, rahim tertarik ke atas. Gerakan ini semakin hebat dan mencapai puncaknya saat perempuan mencapai orgasme. Untuk amannya agar kehamilan trimester pertama tidak menggagalkan kehamilan, hindari hubungan intim saat hamil muda.

Pada trimester ke-2 (sampai usia kehamilan 8 bulan) tidak masalah untuk lakukan hubungan seksual. Tentu saja dengan posisi ML yang tidak mengganggu kenyamanan perut istri yang makin menonjol. Posisi tersebut adalah: side by side position, posisi berbaring samping sambil saling berhadapan atau rear entry position, posisi pria dari belakang bokong isteri saat koitus.

Pada usia kehamilan 9 bulan, juga hindari hubungan seksual. Masalahnya, tubuh bayi sudah turun masuk pintu atas rongga panggul istri, perutnya semakin membesar, hingga bisa menyebabkan cedera kandungannya bila terjadi penetrasi penis dan gerakan rahimnya saat orgasme.

Dr. Andri Wanananda MS

No comments: