Tuesday, December 23, 2014

Latihan Dumbell dan Push-up, Bolehkah Dilakukan Berbarengan?

Salam sehat Dokter. Apakah latihan dumbell bicep dan push-up boleh dilakukan di waktu yang bersamaan? Karena setahu saya jika ingin fokus latihlah 1 otot yang sama, misal bicep ya fokus ke bicep saja jangan digabung dengan tricep. Mohon pencerahannya. Terimakasih.

Bain_a7x (Pria lajang, 29 tahun)
hdwiatmokoXXXXX@gmail.com
Tinggi 162 cm, berat 64 kg

Jawaban

Metode latihan saat ini sudah sangat berkembang sehingga tersedia banyak pilihan latihan yang dapat dipergunakan sesuai dengan kebutuhan. Dahulu memang hanya dikenal isolation exercise karena itu hanya fokus pada otot tertentu saja, namun kini ada juga compound exercise yang melatih beberapa kelompok otot secara bersamaan dan ternyata mampu memberikan hasil memuaskan dan tidak membosankan.

Yang lain adalah superset exercise yang melatih satu macam otot dengan menggunakan 3-4 jenis latihan yang diselingi masa istirahat pendek dan juga memberikan hasil yang bagus. Dengan demikian jawaban saya adalah boleh saja Anda melakukan latihan tersebut secara bersamaan. Cobalah berlatih dengan berbagai cara yang ada lalu tentukan mana yang terbaik untuk dapat digunakan pada latihan selanjutnya.

dr. Michael Triangto, SpKO

No comments: