Wednesday, December 24, 2014

Sering Bersin di Pagi Hari Disertai Hidung Berlendir, Mengapa?

Dok saya mau tanya, kenapa ya saya setiap pagi saya suka bersin dan mengeluarkan banyak lendir di hidung saya dan kenapa saya mudah terserang flu? Terimakasih.

Brayn (Pria lajang, 22 tahun)
riswanbraynXXXXX@ymail.com
Tinggi 169 cm, berat 53 kg

Jawaban

Mencermati keluhan Anda, yaitu 'setiap pagi suka bersin dan mengeluarkan banyak lendir di hidung' ada kecenderungan mengarah ke diagnosis rhinitis alergi, rhinosinusitis, rhinitis vasomotor, sinusitis.

Penyebabnya beragam, di antaranya: alergi terhadap udara dingin, debu, tepung/serbuk sari, jamur, anjing, kucing, dsb. Semua (zat) penyebab alergi ini dinamakan alergen.

Daya tahan tubuh (sistem imun) penderita rhinitis alergi oversensitif, yang akan bereaksi terhadap alergen dengan memroduksi antibodi untuk melawan alergen tersebut.

Antibodi adalah protein khusus yang bertugas untuk memerangi beragam penyebab infeksi, seperti: virus, bakteri, jamur.

Reaksi alergi tidak langsung terjadi saat pertama kali kontak/terpapar alergen. Sistem imun mengenali alergen ini sebelum memroduksi antibodi untuk memeranginya. Proses ini disebut sebagai sensitisasi.

Setelah sensitivitas tubuh terhadap alergen berkembang, kapan saja alergen terhirup hidung dan tenggorokan, akan terdeteksi oleh antibodi yang disebut imunoglobulin E (IgE). Hal ini menyebabkan pelepasan histamin, triptase, chymase, kinin, heparin. Sel-sel mast secara cepat mensensitisasi mediator lainnya seperti: leukotrien dan prostaglandin D2, yang menyebabkan pembengkakan membran mukosa (lapisan di dalam hidung) dan peningkatan produksi mukus (lendir, ingus). Hal inilah yang menyebabkan penderita rhinitis alergi bersin-bersin, hidungnya gatal-gatal atau tersumbat.

Rhinitis alergi merupakan reaksi peradangan (inflamasi) di membran mukosa hidung, mata, tuba eustachius di telinga, telinga tengah, rongga sinus di hidung, dan faring.

Adapun tentang keadaan mudah terserang flu, boleh jadi kondisi tubuh Anda saat itu sedang kurang fit, daya tahan tubuh melemah, sehingga tubuh rentan terserang virus atau bakteri. Mungkin saja akibat kurang beristirahat, sering kerja lembur, makan tidak teratur, sering terpapar asap (rokok, kendaraan, dsb), kurang berolahraga, dsb.

Solusinya sederhana, yaitu: berpola hidup sehat dan seimbang, serta tingkatkan kualitas spiritualitas dengan memerbanyak berderma, berdoa, beribadah, dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Demikian penjelasan ini, semoga memberikan solusi.

Salam sehat dan sukses selalu.

dr. Dito Anurogo

1 comment:

mr.sifilis said...

Brp dosis pemakaian doxcycycline dan brp harganya ?