Pages

Sunday, March 22, 2015

Anak 7 Tahun Sering Nyeri Dada Usai Beraktivitas Fisik

Salam Dok, langsung saja, saya mempunyai anak laki-laki umur 7 tahun lebih. Setiap dia melakukan kegiatan fisik yang menguras tenaga seperti berlari atau jalan kaki yang jaraknya cukup jauh, atau bila dia kaget dia tiba-tiba langsung merasakan sakit di dadanya dan tidak bisa berbuat apa-apa.

Biasanya kalau begitu kami membaringkan dia lalu digosok-gosok bagian yang sakit istrahat sejenak setelah itu pulih kembali. Jadi kami menjaga dia agar tidak melakukan kegiatan fisik yang berlebih, atau sampai dia terkaget.

Pertanyaan saya Dok, apa kira-kira penyakit yang diderita pada anak saya ini, terus penanganannya bagaimana? Sebelumnya saya sudah pernah bawa ke dokter umum praktik, dicoba di-USG dan hasilnya dokternya bilang tidak apa-apa, malah dokter bilang dia terkena penyakit mag.

Memang sih anak saya tidak teratur makannya dan sering konsumsi minuman bersoda saya akui itu, makanya pikirnya anak saya ini kena mag. Tapi sakitnya kok di dada, tolong Dok sedikit penjelasannya. Terimakasih.

Firman R. (Pria, 29 tahun)
immank_fzXXXXXXX@yahoo.com
Tinggi 165 cm, berat 170 kg

Jawaban

Nyeri di dada saat beraktivitas bisa disebabkan karena beberapa hal, yaitu kelainan pada lambung atau yang dikenal dengan mag, kelainan pada jantung, kelainan pada otot dada, gangguan metabolik. Untuk memastikan penyakit apa pada anak Bapak sebaiknya dilakukan pemeriksaan rekam jantung (elektrokardiogram) untuk memastikan tidak ada kelainan di jantung.

dr Melisa Anggraeni, SpA

No comments: