Pages

Monday, March 23, 2015

Si Kecil Tak Bersemangat Tiap ke Sekolah, Harus Bagaimana?

Saya mau tanya. Anak saya usianya 7 tahun, dan sudah mulai masuk SD. Tapi akhir-akhir ini dia malas-malasan pergi ke sekolah. Selalu ada saja alasannya setiap pagi supaya saya izinkan tidak masuk sekolah. Awalnya saya pikir dia capek atau malas, tapi kalau saya perhatikan tiap pulang sekolah dia selalu tampak murung.

Dia juga sempat bilang sebal sama temannya. Saya ingin dia cerita tapi dia sepertinya malu. Bagaimana ya solusi saya menyelesaikan masalah ini? Saya khawatir melihat kondisinya.

Dami (31 tahun)
ridam_imXX@yahoo.com
Tinggi 170 cm, berat 60 kg

Jawaban

Halo Dami, menghadapi situasi seperti ini sebenarnya gampang-gampang susah. Hal yang perlu dilakukan adalah menunggu anak untuk siap bercerita dan mengekspresikan apa yang sebenarnya terjadi. Berusahalah untuk tetap bersikap tenang dalam merespon ceritanya, namun jika memungkinkan anak tetap diajak untuk semangat ke sekolah. Jika ananda masih malu bercerita secara verbal, ajak ia berekspresi menggunakan media gambar atau boneka sehingga mengurangi perasaan bahwa ia yang sedang bercerita.

Amati situasinya, jika semakin memburuk dan ia terus memaksa tidak ke sekolah hingga memunculkan tantrum/mengamuk, maka Dami bisa berkonsultasi secara langsung dengan psikolog untuk membantu permasalahan ini.

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

No comments: