Pages

Thursday, August 13, 2015

Bersin-bersin Hingga Keluar Lendir dari Hidung, Benarkah Sinusitis?

Assalamualaikum Dok, saya sering mengalami bersin-bersin dalam keadaan apapun, juga banyak lendir yang berasal dari hidung saya, saya kira saya hanya flu, tetapi ini terjadi hampir setiap hari, terakhir saya bertemu dengan kakak saya yang juga dulunya pernah operasi sinus. Kata beliau saya mungkin ada gejala sinus, tetapi saya belum konsultasi dengan dokter, kira-kira apakah saya sakit sinus atau sakit yang lain Dok? Bagaimana cara untuk mengobati sinus Dok?

Amrin Hakim (Pria, 20 tahun)
amrinXXXXXX@gmail.com
Tinggi 179 cm, berat 55 kg

Jawaban

Sinusitis adalah peradangan simtomatis dari minimal satu sinus paranasal, dengan durasi kurang dari 4 minggu. Antara rhinitis dan sinusitis seringkali terjadi bersamaan, sehingga istilah rinosinusitis dirasakan lebih tepat, menurut beberapa literatur kedokteran. Beberapa faktor risiko sinusitis antara lain: rinitis alergika, merokok, asma, infeksi gigi, penurunan kondisi kekebalan tubuh (imunodefisiensi), dsb.

Penyebab sinusitis antara lain: virus, bakteri, dan jamur.

Untuk sinusitis yang disebabkan oleh bakteri, dapat diketahui dari:
1. Demam
2. Gejala-gejala memburuk dalam waktu 5-7 hari setelah adanya perbaikan awal
3. Gejala-gejala menetap selama minimal 10 hari
4. Cairan kental, sehingga hidung tersumbat
5. Nyeri yang menetap di wajah atau gigi atas
6. Terjadi di salah satu bagian sinus maksila di hidung

Beberapa gejala yang terkait dengan sinusitis: sakit kepala, nyeri di seputar rongga mata, nyeri telinga, batuk kronis, gangguan perkembangan tubuh. Untuk penyembuhan sinusitis, harus ditegakkan diagnosis terlebih dahulu. Dokter akan melakukan anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang, menyingkirkan diagnosis banding, menegakkan diagnosis, memberikan tatalaksana, melakukan follow up dan edukasi. Inilah the art of medicine. Diagnosis bukan ditegakkan berdasarkan atas asumsi, melainkan observasi dokter.

Mengingat setelah mencermati keluhan saudara Muhammad Amrin Hakim, ada kemungkinan diagnosis mengarah ke rhinitis alergika. Hal ini diketahui dari adanya bersin-bersin dan hidung sering meler. Namun pertanyaan perlu dipertajam sbb:
1. Bersin-bersin sering di pagi hari?
2. Apakah bersin-bersin lebih dari lima kali?
3. Apakah bersin-bersin langsung setelah terkena debu?
4. Bersin-bersin sering terjadi saat terpapar udara dingin?
5. Sudah berapa lama bersin-bersin?

Bila memang benar terbukti sinusitis, maka dokter akan memberikan obat dari golongan dekongestan, analgesik, antibiotik, atau antihistamin, sesuai indikasinya.

Nah, untuk mencegah sinusitis, caranya mudah. Biasakanlah cuci tangan (sesuai standar WHO) untuk mencegah penyebaran infeksi virus.

Saran saya, segeralah ke dokter terdekat, untuk memastikan apakah yang Anda derita itu sinusitis atau bukan.

Demikian penjelasan ini, semoga memberikan solusi.

dr. Dito Anurogo

No comments: