Sunday, October 11, 2015

Apa Pantangan untuk Batu Ginjal dan Bagaimana Mengobatinya?

Dokter yang terhormat, saya menanyakan tentang batu ginjal. Saya terkena batu ginjal, sama dokter diberi obat kalkurenal setelah obat habis batu keluar dengan spesifikasi warna coklat, tidak berbau, bentuk kerikil dan ukuran 1,1 x 0,6 x 0,5 cm. Lalu batu saya bawa ke lab klinik dan hasilnya sbb.

Karbonate=negatif
Kalsium = 15%
Oxalat = 40%
Asam Urat = 10%
Cystine = 60%

Lalu dalam kesimpulan tertera:

Ca.Oxalate/Ca C204 = 55%.

Pertanyaan saya dengan hasil lab tersebut makanan-makanan apa saja yang menjadi pantangan untuk saya sehingga dapat terhindar dari batu ginjal ada lagi? Untuk dokter ketahui 3 tahun yang lalu kami juga pernah kena batu ginjal seperti ini juga. Atas jawaban yang dokter berikan sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terimakasih.

Mustofa K (Pria Menikah, 54 Tahun), mXXX@indonesian-aerospace.com
Tinggi Badan 166 Cm dan Berat Badan 71 Kg

Jawaban

Dari keterangan yang Bapak sampaikan, bapak penderita batu saluran kemih yang berulang dan mempunyai bakat pabrik batu. Obat seperti kalkurenal efeknya terutama sebagai pelancar kencing, selama batu masih dalam ukuran dibawah 3 mm, maka kemungkinan besar dapat keluar dengan spontan. Untuk itu bapak hindari dulu susu, jeroan, bayam, biji-bijian.

Sebenarnya kunci utama agar bila terbentuk batu, batunya dapat segera keluar dalam ukuran kecil dengan tidak menyebabkan sakit pinggang dan tidak menyebabkan infeksi atau sumbatan aliran kencing dari ginjal. Usaha yang dilakukan banyak minum minimal 2 liter perhari (minum pagi hari sampai terakhir jam 7 malam, malam jangan terus minum nanti mengganggu tidur dan menyebabkan penyakit lain).

Kemudian olah raga jalan, lari atau lompat-lompat dianjurkan dan evaluasi dengan USG ginjal rutin minimal 3 bulan sekali. Perlu diketahui sampai sekarang belum ada obat-obat penghancur batu tetapi yang ada obat pelancar kencing.

Dr. Patriot Muslim Sp.U

No comments: