Pages

Sunday, October 4, 2015

Enggan Operasi Hernia Karena Takut Tak Bisa Ereksi

Dokter, saya menderita penyakit hernia dan sudah diperiksa oleh dokter. Dulu saat saya berumur 25 tahun kantung buah zakar sebelah kiri sama seperti sebelah kanan, tetapi sekarang kantung buah zakar sebelah kiri sudah membesar separuh kepalan tangan dan sepertinya mengandung udara atau air. Dokter menyarankan saya untuk bedah tetapi saya masih merasa takut pembedahan karena beberapa alasan diantaranya akan berefek samping, saya takut tidak bisa ereksi lagi.

Apakah hernia yang saya derita ini mempengaruhi berat badan saya walaupun sebenarnya saya tidak merasa sakit atau nyeri pada kantung zakar saya? Saat usia 20 sampai 26 berat badan saya 60 kg. Apakah setelah selesai pembedahan hernia kantung zakar saya bisa kecil kembali seperti semula? Kenapa saat tidur saya merasakan sesak kencing dan mau pipis padahal sebelumnya saya sudah kencing? Apakah ini pengaruh hernia atau ada penyakit lainnya? Terima kasih atas perhatian dokter mohon berikan saran yang terbaik. Saya takut operasi karena belum menikah. Saya dengar kabar jika operasi hernia 'burung' tidak bisa tegang lagi disatu sisi saya takut hernia saya semakin parah. Mohon penjelasan dokter. Terimakasih.

Razali (Laki-laki Lajang, 31 Tahun), zaliXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 178 Cm, Berat Badan 52 Kg

Jawaban

Dari riwayat penyakit yang Anda sampaikan. Sudah jelas Anda menderita hernia yang isinya usus atau jaringan pelapis usus. Untuk ini tindakan bedah satu satunya jalan yang terbaik, karena bila usus yang turun dan terjepit maka tindakan operasi yang lebih besar dan beresiko harus dilakukan.

Tindakan operasi hernia tidak mempengaruhi ereksi, karena yang di operasi bukan kemaluannya. Saya anjurkan Anda minta pendapat ke dokter bedah umum atau bedah digestif.

Dr. Patriot Muslim Sp.U

No comments: