Thursday, October 1, 2015

Si Kecil Suka Lagu Dangdut Dewasa Bikin Orang Tua Khawatir

Salam Mbak, anak saya usia 5 tahun senang sekali lagu dangdut apalagi kalau sambil joget-joget centil gitu dia suka sekali. Yang mau saya tanyakan apakah suka menyanyi lagu dangdut atau lagu dewasa lain, berpengaruh pada kondisi psikis (kedewasaan) anak saya kelak?

Jeremia (Wanita, 29 tahun)
yeremia.XXXXX@yahoo.com
Tinggi 154, berat 48 kg

Jawaban

Dear Ibu Jeremia, anak-anak biasanya memang menyukai sesuatu yang bersifat seni misalnya menggambar, menari, menyanyi dll. Namun, terkadang konten yang disukai tidak sesuai dengan usianya. Jadi memang lebih baik orang tua membuat filter mengenai konten apa saja yang dapat dikonsumsi oleh anak dan menghindari yang kira-kira tidak sesuai usia. Jika sudah terlanjur dikonsumsi, maka orangtua harus memberikan pemahaman bahwa anak dapat bernyanyi lagu anak-anak dan bukan orang dewasa.

Pengaruhnya secara langsung adalah kosakata yang dimiliki anak pastinya akan bertambah dan lebih bersifat kosakata orang dewasa yang mungkin saja sang anak belum tentu paham maknanya secara benar. Ibu perlu selalu mendampingi anak ketika sedang menonton TV dan bermain gadget sehingga bisa memantau secara konsisten konten yang dipelajari/diserap oleh anak.

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

No comments: