Pages

Monday, September 28, 2015

Pipis Berdarah, Apakah Itu Batu Ginjal?

Dokter, sudah 2 minggu ini saya terkadang mengalami pipis yang ada darahnya. Sekitar 9 tahun yang lalu saya sempat mengalami batu ginjal hingga kolik dan akhirnya di pecahkan melalui ESWL.

Namun belakangan ini saya mengalami pipis yang mengandung darah, dan terkadang bila pipis agak perih dan seperti anyang-anyangan. Apakah itu pertanda adanya batu ginjal lagi?

Karena saya sempat ke dokter bedah urologi serta di USG. Didapati adanya batu di ginjal dan kandung kemih yang kecil-kecil. Sementara saya diberikan obat Alopurinol, kalsium Karbonat dan obat pengihilang nyeri. Khususnya bila saya banyak aktivitas pipis agak mengandung darah.

Apakah itu pertanda ada pergesekan di batu ginjal sehingga melukai? Terimakasih penjelasannya.

Agoes (Pria Menikah, 40 Tahun), agoesxxx@yahoo.com
Tinggi Badan 160 Cm dan Berat Badan 60 Kg

Jawaban:

Memperhatikan riwayat penyakit batu saluran kemih anda. Jelas sudah ada batu lagi di ginjal dan kandung kemih (dari USG) dan darah di air kencing karena, adanya luka di saluran kencing akibat adanya batu.

Anda sebaiknya konsultasi ke ahli bedah urologi untuk penanganan lebih lanjut. Perlu diketahui sekali ada batu, berarti seumur hidup sering terbentuk batu.

Dr. Patriot Muslim Sp.U

No comments: