Pages

Tuesday, February 13, 2018

Cara Hilangkan Mimpi Buruk Pasca Alami Tindak Kekerasan

Dear Dokter, saya wanita 23 tahun, selama kurang lebih 8 bulan saya mengalami kekerasan secara fisik oleh pacar saya. Setelah putus lima bulan lalu, saya masih sering mengalami mimpi buruk. Mimpi tersebut seperti pengulangan kejadian saya saat dipukuli dan dimarahi oleh mantan saya tersebut.

Intensitas mimpinya dalam 1 minggu bisa terjadi 2-3 kali. Mohon penjelasannya apa yang harus saya lakukan. Terimakasih.

A (Perempuan, 23 tahun)

Jawaban

Dear A yang baik,

Masalah terkait trauma baik fisik maupun psikologis memang sering dialami oleh orang yang pernah mengalami kekerasan dalam hubungan interpersonalnya. Biasanya kondisi ini di awal bisa memicu suatu stres akut tapi jika lebih dari sebulan bisa terjadi suatu gangguan stres pasca trauma. Suatu kondisi yang mengancam integritas diri termasuk juga kekerasan terhadap diri secara verbal maupun fisik bisa menimbulkan stres secara akut (segera) dan juga berlangsung lama (kronis). Kondisi ini tentunya harus diatasi.

Gejala stres terkait trauma biasanya memang mimpi buruk, mengalami perasaan seperti kejadian terulang kembali, gejala otonom yang berlebihan (jantung berdebar-debar,sesak nafas atau masalah lambung, keluar keringat dingin dan nyeri tanpa sebab).

Ada baiknya berkonsultasi ke psikiater atau psikolog untuk membicarakan masalah ini. Semoga membantu.

Salam sehat jiwa.

dr Andri, SpKJ, FAPM

No comments: