Pages

Monday, June 25, 2018

Mengatasi Napas Bau Selain dengan Gosok Gigi

Dokter, saya sudah lebih dari 6 bulan mengalami napas bau. Menurut saya ini bukan masalah gusi dan gigi, karena saya sikat gigi teratur. Bagaimana solusinya Dok? Apa penyebab nafas bau yang saya alami Dok? Terimakasih.

WS (Laki-laki, 27 tahun)

Jawaban:

 Terima kasih atas pertanyaannya.

Bau napas tidak sedap dapat disebabkan oleh banyak hal, antara lain: gangguan pada lambung,infeksi di daerah rongga mulut, peradangan dalam jangka waktu lama pada sinus, hidung, ataupun tenggorokan.

Untuk solusinya selain menyikat gigi secara teratur gunakanlah cairan kumur antiseptik untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang tidak terjangkau oleh sikat gigi, minum banyak air putih atau mengunyah permen karet untuk menstimulasi keluarnya air liur, hindari merokok, perbanyak konsumsi buah dan sayur, dan rutinlah memeriksakan kesehatan gigi dan mulut anda ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat.

dr Kevin William Hutomo

No comments: