Pages

Wednesday, December 25, 2019

Tak Tuntas Obati Tuberkulosis dan Paru-paru Rusak, Bisa Disembuhkan?

Salam hormat Dok, saya mau tanya tentang penyakit paru Dok. Saya penderita emfisema, pasca pengobatan yang lama. Sejak tahun 2005 sempat menghidap TB, karena dalam pengobatan TB yang tidak pernah tuntas hingga akhirnya dinyatakan paru saya rusak dan membekas sampai-sampai untuk bernapas pun sulit jadi untuk melakakukan aktivitas terbatas. Pertanyaan saya Dok, apakah saya bisa sembuh Dok? Secara fisik saya sehat dan normal tidak ada organ tubuh yang bermasalah kecuali paru yang membuat napas saya pendek. Hal ini yang membuat saya sulit untuk mencari nafkah. Terima kasih untuk jawabannya.


QiewQiew Eve RizvaJr (Laki-laki 31 tahun)
drizvatansyahXXXXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 167 cm, berat badan 36 kg

Jawaban

Dear Qiewqiew,

Salah satu penyebab emfisema memang adalah penyakit TB paru kronis, termasuk yang berulang dan tidak sembuh tuntas. Emfisema sampai saat ini belum ada obat definitif, dengan kata lain belum dapat disembuhkan, namun dapat dikontrol untuk menjaga kualitas hidup. Saran saya konsultasi berkala ke dokter spesialis penyakit dalam, fisioterapi paru, serta sebisa mungkin terhindar dari infeksi.

Salam, semoga bermanfaat.

dr. Indra Wijaya, SpPD, M.Kes

No comments: