Pages

Tuesday, June 10, 2008

Ngilu pada gigi

Dok, gigi saya:

1.banyak karang gigi
2.ngilu pada gigi akibat sebagian akar gigi yang sudah tidak terbungkus oleh gusi

Pertanyaannya:
1.bagaimana mengatasi karang gigi?adakah pasta gigi yang bisa menghilangkan karang gigi itu?atau adakah obat dari alam yang bisa mengatasi karang gigi?adakah suplemen yang bisa digunakan untuk menguatkan gigi?
2.bagaimana mengatasi akar gigi yang sebagian sudah tidak terbungkus gusi?

Jawaban drg. Lika :

1. Karang gigi sangat keras dan melekat kuat di permukaan gigi, sehingga untuk menghilangkannya harus dengan alat kedokteran gigi, tidak bisa hanya dengan pasta gigi + sikat gigi. Tapi untuk mencegahnya bisa dengan pasta gigi, banyak yang mengandung antiplak, tapi itu hanya mengurangi timbulnya saja, tidak menghilangkan karang gigi.
Untuk menguatkan gigi, karena Anda sudah dewasa, sehingga gigi sudah selesei masa pertumbuhannya, sehingga yang diperlukan hanyalah menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Jagalah kesehatannya sehingga gigi tetap utuh sehat di dalam mulut, awet sampai tua.

2. Akar gigi yang terbuka dan berlubang (erosi) bisa diberi tambalan agar tertutup. Juga ditambah dengan gerakan sikat gigi dengan arah dari gusi ke gigi, sehingga gusi secara tidak langsung akan 'dipijat' keatas sehingga gusi tidak tambah turun, bila gusi terus menerus turun maka semakin banyak pula akar gigi yang terbuka. Begitu kira-2.

No comments: