Pages

Tuesday, June 10, 2008

Gigi saya gampang rapuh

1.Gigi saya gampang rapuh, dan saat ini semuanya penuh dengan tambal bagian depan pecah (ditambal balut). Dari kecil hingga sekarang, kalau minum es selalu ngilu. Kalau minum es biasanya tidak langsung ketemu gigi, tapi bibir jadinya sering cemot, dan itu sudah menjadi kebiasaan.
2. Gigi geraham kanan saya tinggal seperempat, sisanya adalah tembelan. Saya terus pertahankan karena gigi geraham kiri sudah dicabut. Dan kata dokter, hasil foto gigi itu menunjukkan terjadi infeksi, jadi nggak bisa dirawat lagi dan harus ke dokter spesialis bedah mulut untuk mencabut gigi sekaligus mengambil infeksinya. ( infeksi ini dalam foto seperti lubang hitam, kata dokter benjolan akibat infeksi itu)
Pertanyaannya:
1. Dok, gimana supaya gigi saya nggak gampang pecah dan rapuh, sementara saya suka minum es. ( Gigi saya tidak bsia bertemu es)??
2. Bagaimana saran dokter, saya masih takut ke dokter bedah mulut ?
3. Apa berbahaya ke dokter bedah ? apa ongkosnya mahal ?
4.Mengenai lubang itu pakah yang menyebabkan kepala saya tiap malam seperti migren karena terasa dari gigi sepertinya ?
5. dok tolong saya, trims.


Jawaban drg. Lika :

1. Saya rasa gigi anda sensitif terhadap suhu terlalu dingin, jadi mudah ngilu, sebaiknya jangan terlalu sering munum es ya. Kemudian jangan minum dengan suhu yang berubah drastis, misalnya sedang makan sop panas langsung minum es, hal ini bisa membuat giig rusak. Ada baiknya dicoba memakai pasta gigi untuk gigi sensitif misalnya sensodine, enzim, dll...
2. Begini, saran saya sebaiknya dihilangkan dulu sekali aja rasa takutnya untuk pergi ke dokter gigi, memang sih dokter gigi masih 'serem' alat-2nya.. hihihi.. tapi diberanikan deh sekali ini agar tuntas sakit giginya, sembuh, karena kalau didiamkan lama nanti tambah sakit
lho.... Gini, jangan diingat seremnya, bayangkan saja enaknya setelah pulang dari dokter gigi, gigi anda sudah sembuh, bebas dari sakit gigi lagi...
3. Tidak ada bahayanya kok, malah mereka lebih memiliki ilmu bedah lebih banyak dari yang lainnya, karena mereka sudah mengambil sekolah spesialis bedah. Mengenai harga relatif sekali.
4. Bisa saja, karena lubang tersebut sudah menimbulkan infeksi. Nah saran saya segera aja dicabut biar sakit kepalanya juga hilang.

No comments: