Pages

Tuesday, June 10, 2008

Apa penyebab sariawan

Maaf dokter,ini tidak ada hubungannya gigi tapi masih dalam satu rongga mulut,yaitu sariawan. Saya boleh dikata tiada hari tanpa sariawan,sudah berbagai obat sesuai anjuran dokter/petugas kesehatan sudah saya coba.
Walaupun sembuh tapi hanya sementara dan beberapa hari kemudian muncul lagi ditempat yang berbeda.

Apa penyebab sariawan dan bagaimana mencegahnya supaya tidak muncul lagi. Demikian terima kasih dan sekali lagi mohon maaf.

Jawaban drg. Lika :

Saya rasa, bila sudah diberi obat tapi belum sembuh juga, mungkin ada penyebab yang belum hilang. Misalnya dari jenis makanan yang sering Bapak makan, hindari makanan
panas sekali juga hindari makanan yang menyebabkan panas seperti alkohol. Kemudian penyebab lainnya bisa juga karena adanya iritasi dari dalam mulut, mungkin ada gigi yang tajam yang menyebabkan gusi luka (sariawan).
Untuk hal ini Bapak sebaiknya datang ke dokter gigi, atau lebih baik lagi ke dokter gigi spesialis penyakit mulut , karena disana akan di cari penyebabnya sariawan tersebut. Karena untuk saat ini saya hanya bisa memberikan jawaban secara umum atau
berupa gambaran, karena saya belum melihat secara langsung keadaan rongga mulut Bapak. Sebagai tambahan perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan B.

No comments: