Pages

Friday, August 1, 2008

Kanker Payudara

Ass.wr.wb.

Pengasuh Konsultasi kesehatan mer-c yth,
saya punya kasus kesehatan yg menimpa ibu saya dimana sekarang ini ibu terkena kanker payudara saya tdk tahu secara pasti sampai distadium berapa kanker yg sudah ibu alami karena ibu tidak mau atau takut dibawa ke dokter hal ini karena dia sering mendengar bahwa operasi yg dilakukan sering gagal atau setelah dilakukan operasi ternyata kanker kembali muncul yg sangat memperihatinkan sekarang ini, kangker itu sudah menimbulkan luka didaerah pangkal payudara atau disekitar bawah ketiak dan dari luka ini sering menimbulkan pendarahan yg luar biasa hal inilah yg menjadi fokus pertanyaan saya, pendarahan ini apa memang biasa terjadi pada kanker payudara atau ada hal lain yg menjadi penyebabnya, dan bagimana mengatasi hal ini saat ini pengobatan ibu hanya dilakukan secara tradisional dan juga ibu mengkonsumsi extrak keladi tikus, demikianlah hal ini saya sampaikan besar sekali harapan saya untuk mendapat jawaban akan hal ini terima kasih atas tanggapan dan masukannya
wass.
-Dani-

Jawaban:
WaĆ¢€™alaikumsalam saudara danny.

Tumor atau benjolan pada payudara bisa berupa tumor jinak atau tumor ganas yang biasa disebut kanker. Kanker membuat jaringan sangat rapuh sehingga mudah berdarah dan sulit berhenti. Bila perdarahan terjadi, balut luka dengan kasa tebal dan ditekan. Lebih baik kalau dibawa ke dokter terdekat.

Pada penderita kanker, usahakan hindari trauma-trauma pada kankernya. Karena walaupun truma itu ringan seperti menggaruk, dapat menyebabkan perdarahan. Sebaiknya perlu dikonsultasikan dan diperiksa ke dokter untuk menentukan stadium kanker dan jenis terapi yang tepat. Kalau kanker ibu anda masih stadium dini, kemungkinan untuk dapat dioperasi dan sembuh tentu lebih besar. Tapi kalau stadiumnya sudah lanjut, operasi tidak banyak berarti dan pengobatannya dengan menggunakan radiasi dan kemoterapi.

Kegagalan atau kesembuhan setelah pengobatan biasanya disebabkan beberapa hal, yaitu kurang tepatnya atau sulitnya penentuan stadium, terapi yang tidak cocok, serta pasien tidak patuh dan teratur berobat.

Semakin cepat Ibu anda dibawa ke dokter, semakin baik. Demikianlah, semoga Ibu anda segera diberi kesembuhan oleh-Nya.
WassalamuĆ¢€™alaikum wr wb

(Dr. Yogi Prabowo)

No comments: