Pages

Friday, August 1, 2008

Tumor payudara

Asalamu'alaikum

Saya baru 1 bulan ini mengetahui kalau di payudara saya ada tumor, saya bener-bener syok, tapi saya tetap optimis bisa sembuh, memang benjolan nya baru sebesar kelereng dan kadang terasa nyeri, tapi yang saya ingin tanyakan seberapa besar kemungkinannya payudara saya yang satu bisa kena juga, karena akhir-akhir ini juga terasa nyeri.

Terimakasih.
Wasalamu'alaikum Wr.Wb

- laelatun nafiah -Â

Jawaban :

Wa'alaikum salamÂ

Laelatun yang baik,

Tumor adalah suatu benjolan yang tumbuh di tubuh seseorang. Tumor dapat bersifat Jinak ataupun ganas. Begitu juga tumor yang tumbuh di payudara dapat berupa tumor jinak maupun ganas.

Saya menyarankan agar anda sesegera mungkin memeriksakan diri ke dokter bedah. lebih baik lagi jika ke dokter spesialis bedah onkologi karena jika sifat tumor tersebut jinak, maka biasanya dapat dilakukan tindakan pengangkatan jaringan tumor tersebut saja. Namun jika ternyata tumor tersebut termasuk jenis tumor ganas,maka diperlukan tindakan lain, selain pengangkatan jaringan tumor tersebut.

Tumor biasanya menyebar ke jaringan terdekat dengan tumor tersebut terlebih dahulu, baru ke payudara di sebelahnya, oleh karena itu, mumpung masih sebesar kelereng, segeralah memeriksakan diri anda agar tidak terlambat.

Demikian jawaban dari saya, semoga anda memahaminya.

Wass,
dr. Ira Riza

No comments: