Pages

Thursday, September 25, 2008

Konsultasi Dokter Masa Hamil

Pendarahan vagina dimasa hamil

Pelajari diagram ini bila terjadi perdarahan vagina disaat hamil, baik itu hanya perdarahan kecil maupun banyak sekali. Ini adalah gejala serius yang haru segera ditangani dokter, walaupun pada sebagian besar kasus hal ini tidak membahayakan kehamilan. Apapun dugaan penyebabnya, bila terjadi perdarahan vagina, sebaiknya segeralah berbaring ditempat tidur dan istirahat sampai tibanya bantuan medis.

Sesak nafas di masa hamil

Pendeknya nafas yang bisa dihirup biasa dialami para wanita setelah minggu ke-28 kehamilan. Ini biasanya terjadi akibat tertahannya gerakan normal diafragma dan oleh melebarnya paru-paru akibat pertumbuhan rahim yang mendesak organ-organ perut ke rongga dada. Sesak nafas umumnya berkurang pada bulan terakhir kehamilan, ketika kepala janin sudah turun ke tulang panggul.

Penmbengkakan pergelangan di masa hamil

Selama kehamilan, jaringan tubuh cenderung untuk menyerap air lebih banyak dari biasanya, yang dapat menimbulkan pembengkakan pergelangan kaki. Untuk kasus ringan umumnya tak perlu dicemaskan, namun pembengkakan yang berat kadang-kadang dapat menandakan penyerapan air yang berlebihan dan tekanan darah tinggi.

Sudah tibakah waktunya melahirkan?

Lama kehamilan biasanya 40 minggu, tapi cukup normal bila bayi lahir setelah 36 minggu atau setelah 42 minggu. Persalinan yaitu rangkaian kejadian yang berakibat keluarnya bayi dari rahim diawali dengan berbagai tanda, termasuk nyeri di perut atau punggung, pecahnya air ketuban, dan keluarnya lendir kental yang mungkin mengandung darah. Gejalap-gejala awal persalinan dan urutannya mungkin akan berbeda pada setiap wanita. Diagram ini disusun untuk membantu Anda memutuskan apakah gejala yang Anda alami adalah gejala persalinan dan apakah sudah waktunya menemui dokter bidan atau rumah sakit untuk mendapat bantuan lebih lanjut.

Masalah pemberian ASI

Semua ahli medis setuju bahwa air susu ibu (ASI) adalah makanan terbaik bagi bayi yang baru lahir. ASI mengandung semua nutrisi penting dengan proporsi yang ideal dan merupakan bentuk yang termudah diserap bayi Anda. Bayi ASI mengidap alergi lebih sedikit dibanding bayi susu buatan dan resiko terancam seorang ibu tidak bisa menyusui bayinya, namun sayangnya banyak ibu yang enggan menyusui anaknya atau kehilangan semangat untuk melanjutkan menyusui karena beberapa kesulitan kecil diminggu-minggu pertama. Walaupun demikian, setelah terbiasa, memberikan ASI biasanya adalah pengalaman yang nikmat, baik bagi ibu maupun bagi anak. Pelajari diagram ini bila Anda baru bersalin berkaitan dengan pemberian ASI, misalnya nyeri pada payudara atau putingnya, ASI berlebihan atau ASI kurang.

Depresi setelah persalinan

Persalinan adalah peristiwa yang mencekam bagi seorang wanita, baik secara fisik maupun emosional. Persalinan tak hanya melelahkan tetapi juga berperan pada terjadinya perubahan dramatis keseimbanganhormon tubuh, yang bisa membuat Anda tidak berminat untuk hamil lagi. Emosi Anda juga akan kacau setelah kejadian yang telah amat lama Anda nantikan ini. Anda mungkin akan merasa bahwa ternyata menjadi ibu dan mempunyai bayi baru tidaklah mudah. Itulah sebabnya mengapa umumnya suatu persalinan bisa diikuti dengan suatu periode ketidakstabilan emosi. Pada hari-hari pertama setelah persalinan, perasaan yang paling sering hadir adalah kegembiraan semata, namun hari-hari berikut (kadag-kadang bahkan sampai berminggu-minggu), banyak wanita yang menjadi sedih, menarik diri, apatis dan mungkin juga merasa bersalah karena tidak dapat menanggapi kedatangan bayi dengan lebih bergairah. Pelajari diagram ini bila Anda menderita depresi seperti itu.

No comments: