Pages

Friday, April 3, 2009

Cairan Kekuningan pada Anak

Dokter yang terhormat,

Saya mempunyai anak perempuan berumur 6 tahun dengan berat badan 20Kg, sering saya temukan dicelana dalam anak saya tersebut cairan kekuningan seperti layaknya orang dewasa keputihan, kadang dia mengeluh gatal disekitar area itu dan ketika buang air kecil lalu dicebokan kadang mengeluh perih. Sebenarnya apa yang terjadi dengan kondisi anak saya tersebut dan dapatkah disembuhkan.

Atas perhatian dan jawaban dokter dalam hal ini saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ria

Jawaban:

Ibu Ria,

Yang ingin saya tanyakan pada Ibu adalah berapa kali dalam 1 hari anak Ibu mengganti celana dalamnya? Apakah anak Ibu termasuk anak yang aktif dan berkeringat banyak ?

Dari keterangan Ibu, saya menduga anak Ibu terkena sejenis jamur (candida) di daerah kemaluan. Hal ini bisa disebabkan karena celana dalam yang sering dalam keadaan lembab dan jarang diganti sehingga menyebabkan keadaan yang menyenangkan bagi pertumbuhan jamur. Dan hal ini memang mengakibatkan rasa gatal sehingga mungkin tanpa sadar anak Ibu sering menggaruk kemaluannya sehingga mengakibatkan lecet dan ketika Ibu membasuh kemaluannya sehabis buang air, terasa perih.

Penyakit tersebut biasanya dapat disembuhkan dengan terapi yang adekuat. Saya sarankan anak Ibu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin di daerah Ibu. Jika penyakit tersebut dibiarkan kemungkinan dapat menjalar keatas, kesaluran reproduksi anak Ibu sehingga dapat berakibat kesulitan mempunyai keturunan pada saat dia dewasa nanti.

Sebaiknya mulai sekarang biasakan dia untuk mengeringkan daerah kemaluannya sehabis buang air dan mengganti celananya jika terasa lembab, dan jika berada di Toilet umum, usahakan membasuh daerah kemaluan dengan air yang langsung ditampung dari keran, bukan yang sudah ada dalam ember penampung air.

Demikian jawaban dari saya. Semoga Ibu puas dan anak Ibu cepat sembuh. Wasalam.

(Dr. Ira Rizanty)

No comments: