Pages

Wednesday, June 24, 2009

KAKI BENGKAK PADA WANITA HAMIL

Saya mau konsultasi mengenai kehamilan.
Saat ini istri saya sedang hamil 29 minggu, kondisi yg dirasakan pada kaki terlihat bengkak cukup besar dan rasanya sakit, kesemutan kecil, betis kadang2 kencang. Tekanan darah 110/60. Setelah saya konsultasi dengan bidan diperkirakan protein yg dikonsumsi tidak sampai ke bayi, akhirnya bidan menyarankan untuk test urine dan hasilnya baru bisa dilihat besok.
Untuk itu saya mohon penjelasan dan gambaran lebih lanjut dari dokter ahli mengenai gejala kehamilan istri saya ini dan apa yg harus kami lakukan untuk mengatasi ini.

kaki bengkak pada kehamilan merupakan hal yang wajar terjadi. Hal ini disebabkan oleh aliran darah balik dari tungkai yang tertekan oleh semakin besarnya rahim.........tetapi ada juga hal yang tdk normal misalnya disertai dgn protein dalam urin yang tinggi dan terjadi kenaikan tekanan darah utk kasus spt ini ibu hars diterapi. Tips utk menghindari kaki yang bengkak : pake celana atau sepatu berbahan lembut yang tdk menekan, kurangi konsumsi garam, tidur dgn posisi kaki lbh tinggi (misalnya diganjal dgn bantal), hindari posisi tungkai yang terlalu lama ditekuk.

Saya lanjutkan jawabannya dr. Febri yah...Mengenai hasil tes urin anda berarti tidak ada yang perlu dikhawatirkan untuk saat ini kok...bengkak merupakan hal wajar..
Penyebabnya seperti yang sudah kami berikan sebelumnya, karena pada saat hamil, cairan tubuh ibu cenderung lebih banyak, dan kalau kurang gerang juga dapat membuat pool cairan ada di kaki...dengan bergerak, pompa otot di kaki akan memompa darah naik ke atas..

Mengenai ukuran berat badan janin anda normal untuk kehamilan 26 minggu kok...jadi jangan khawatir yah..:)

Mungkin ini dulu jawaban kami, semoga kehamilan anda akan terus berjalan dengan baik sampai persalinan nanti..
Terima kasih..

1 comment:

ruddy said...

Dear Dokter,

Saya mau nanya dok, istri saya datang bulan pada tanggal 12 Oktober 2010, lalu saya berhubungan badan pada tanggal 17 dan 24 Oktober 2010. kemudian istri saya menggunakan testpack pada tanggal 28 oktober, dan hasilnya 2 garis merah, apakah testpack yg digunakan istri saya akurat dok? dan apa benar istri saya berpotensi hamil?

Thanks & Best Regards,