Pages

Thursday, June 25, 2009

MUNTAH DARAH SAAT HAMIL

saya mau tanya beberapa hal. Mudah2an dokter bersedia menjawab hal-hal yang membingungkan saya.
Usia kehamilan istri saya sekarang masuk 4 bulan. Namun pernah 2 kali mengeluarkan darah dari kemaluan sebanyak 2 tetes. keluarnya darah tidak berturut2 melainkan jarak 2 minggu, dan itupun hanya saat tersebut. Seakrang tidak lagi. setelah di usg, dokter mengatakan keluarnya darah karena posisi plasentanya di bawah. Pertanyaan saya

1. apakah ini normal dalam arti bisakah plasentanya kembali ke posisi atas (layaknya kehamilan normal)
2. Mual dan muntah pada istri belum berkurang, bahkan kemarin muntah mengeluarkan darah segar. Apa yang terjadi dokter? Berbahayakah itu bagi janin? apa yang harus saya lakukan?

3. Perut istri serasa di tusuk-tusuk dan tegang terutama kalau bangun dari posisi baring. Apa yang terjadi dokter?

saya berencana membawa istri ke dokter lagi, namun kondisinya yang lemah belum memungkinkan untuk dibawa segera. Oleh karena itu, mudah2an saya memperoleh gambaran melalui jawaban dokter tentang kondisi istri saya untuk meredakan kekalutan saya.

Terimakasih dokter

Langsung kami jawab pertanyaannya yah..
1. Keluarnya darah dari vagina sebenarnya perlu diawasi baik2, karena apapun itu dapat berbahaya kalau diabaikan..
Hanya saja, kalau memang letak placenta dibawah, kadang dapat terjadi..
Mengenai letaknya pun anda jangan khawatir dulu, ada kemungkinan nanti setelah usia kehamilan bertambah dan ukuran rahim semakin besar, akan terdorong keatas...untuk itu sangat penting pemeriksaan berkala yah..

2. Mual dan muntah istri anda, apakah ada disebabkan hal lain? apakah sebelum ini ada riwayat maag? kalau ada riwayat maag, coba perbaiki pola makannya...
Bagaimana pola makannya?
Kemungkinan berbaha bagi janin rasanya tidak yah, tapi kalau keluhan ini berlanjut, segera dibawa ke dokter yah...

3. Keluhan ini juga harus di investigasi lebih lanjut...cukup sulit kalau hanya dari keluhan ini saja..apakah selalu setiap ingin bangun dari baring? atau ada keadaan2 tertentu?

Yang penting anda jangan khawatir dulu yah..bagaimana keadaan istri anda sekarang..? kalau bisa segera dibawa ke dokter jikga keluhan terus berlanjut..

Sekian dulu yang dapat saya sampaikan...semoga dapat membantu..
Terima kasih..

Jawaban ini dimaksudkan hanya untuk membantu anda mengetahui lebih jauh mengenai kondisi medis anda dan bukan untuk menggantikan konsultasi dokter secara tatap muka langsung. Kami tetap menyarankan anda untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter anda untuk pemeriksaan fisik yang lebih lengkap dan pengobatan yang tepat jika keluhan anda memang membutuhkan penanganan dokter secara langsung.


2 comments:

moeslim_imoet said...

saya mau tanya beberapa hal. Mudah2an dokter bersedia menjawab
Usia kehamilan saya sekarang masuk 3 bulan. Namun pernah 2 kali mengeluarkan darah dari kemaluan seperti pendarahan. keluarnya darah tidak berturut2 melainkan hanya 2 hari dan itupun hanya saat tersebut. Seakrang tidak lagi.

1. Mual dan muntah pada saya belum berkurang, bahkan kemarin muntah mengeluarkan darah segar. Apa yang terjadi dokter? Berbahayakah itu bagi janin? apa yang harus saya lakukan?

3. Perut saya serasa di tusuk-tusuk dan tegang terutama kalau bangun dari posisi baring. Apa yang terjadi dokter?

apakah ini penyebab kegugran dokter??mohon kosultasinya dokter

moeslim_imoet said...

saya mau tanya beberapa hal. Mudah2an dokter bersedia menjawab
Usia kehamilan saya sekarang masuk 3 bulan. Namun pernah 2 kali mengeluarkan darah dari kemaluan seperti pendarahan. keluarnya darah tidak berturut2 melainkan hanya 2 hari dan itupun hanya saat tersebut. Seakrang tidak lagi.

1. Mual dan muntah pada saya belum berkurang, bahkan kemarin muntah mengeluarkan darah segar. Apa yang terjadi dokter? Berbahayakah itu bagi janin? apa yang harus saya lakukan?

3. Perut saya serasa di tusuk-tusuk dan tegang terutama kalau bangun dari posisi baring. Apa yang terjadi dokter?

apakah ini penyebab kegugran dokter??mohon kosultasinya dokter