Pages

Thursday, June 25, 2009

MASA SUBUR

Dear Dokter,
Siang dok, sy ingin menanyakan mengenai masa subur.
apa dalam setiap bulannya seorang wanita itu pasti mengalami masa subur? saya sendiri sudah menikah hampir 3 bln silkus haid sy sendiri 30 hari, seharusnya pada hari ke 12 atau 13 setelah haid adalah masa subur saya ttp ketika sy cek dengan ovu test dari awal pernikahan sampai skrg hasilnya selalu negatif. mengapa seperti itu yah dok?
apa itu normal? dan bagaimana dengan kemungkinan untuk memiliki anak? selain itu apa perlu untuk test hormon dok? klo iyah test hormon apa yg perlu sy lakukan?
Terima kasih.

Mengenai masa subur, normalnya setiap wanita akan mempunyai masa subur...
Pada siklus haid yang normal, masa subur akan datang pada hari ke 12-16 sebelum perkiraan menstruasi berikutnya...
Tapi kalau anda menggunakan test ovulasi, cukup susah yah, karena saat anda berovulasi (sel telur matang dilepaskan) hanya terjadi dalam waktu 1-2 hari...dan yang diukur biasanya kadar hormon LH..

Masa subur adalah masa dimana potensi terjadi kehamilan besar jika anda melakukan hubungan seksual pada saat itu..
Yang penting adalah melakukan hubungan secara teratur, kalau bisa setiap 2-3 hari sekali saja...agar kualitas sperma baik...dan saat ini mungkin belum perlu ke dokter dulu (dan belum perlu pemeriksaan apa2, karena siklus anda selama ini teratur yah...) dan karena anda baru 3 bulan menikah, jadi di coba dulu yah...:)
semoga dapat segera hamil..

Sekian jawaban saya, semoga dapat membantu..
Terima kasih..

No comments: