Pages

Thursday, June 25, 2009

MASA SUBUR SAYA

tepat tgl 25 feb saya dikuret, karena BO. terakhir saya mens tgl 31 des`08. tepat tgl 9 maret`09 flek2 sudah tidak keluar lg( bersih ) dan kemarin tepatnya tgl 31 Maret`09 saya datang mens hingga tgl 7 april`09. yang mau sy tanyakan tgl subur saya & tepatnya tgl berapa saya bs berhubungan dgn suami saya, karena kami sangat mengharapkan punya momongan.

Terima kasih atas pertanyaan ibu!
Sebelum mengetahui masa subur, kita harus mengetahui siklus haid ibu dahulu serta teratur atau tidak teraturnya siklus haid tersebut.
Jika siklus haidnya teratur,
Misalnya: siklus haid ibu adalah 28 hari, maka masa subur (ovulasi) ibu adalah 14 hari sebelum menstruasi berikutnya (atau hari ke 14)
Jika siklus haid ibu adalah 30 hari maka masa subur ibu berada pada hari ke-16 (tetap 14 hari sebelum menstruasi berikutnya).
Sperma yang sehat biasanya dapat bertahan selama 2-3 hari. Jika ibu berhubungan intim dengan suami kira-kira hari ke 16 sebelum menstruasi berikutnya, meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan. Dengan catatan, tidak ada gangguan fisik lain dan juga sperma suami ibu sehat (motilitasnya baik).
Demikian jawaban saya semoga dapat membantu ibu.

1 comment:

Lord De Arnold said...

Apakah mungkin seseorang yg berhubungan seksual akan mengalami flek atau memang itu termasuk haid.terimakasih dokter