Pages

Thursday, June 25, 2009

TEST HSG PERLUKAH UNTUK WANITA YANG SUDAH PERNAH HAMIL ???

Dokter yang terhormat, saya mau bertanya mengenai test HSG.
Pada kehamilan pertama, anak saya meninggal setelah satu hari bertahan (melalui operasi caesar). Menurut keterangan dokter, ada kelainan pada jantung diakibatkan oleh virus rubela. Setelah kelahiran pertama, saya sudah menjalani pengobatan untuk mengatasi TORCH, dan hasilnya semua negatif kecuali untuk Rubela yang hasil nya positif, tetapi sekarang semuanya sudah bersih. Kejadian itu hampir 5 tahun yang lalu. Selama 5 tahun saya dan suami tidak mengikuti program KB, tetapi 2 tahun awal jika melakukan hubungan selalu memakai kondom, karena kata orang jika kelahiran pertama melalui operasi caesar, maka harus ada jangka waktu yang lama apabila kelahiran anak ke dua mau secara persalinan normal. Enam bulan terakhir saya dan suami mulai konsultasi kembali ke dokter kandungan. 2 bulan yang lalu saya melakukan test usg dan kebetulan sedang masa subur dan sel telur pun menurut dokter bagus. Untuk suami saya, karena sudah pernah hamil sebelumnya, oleh dokter tidak disarankan untuk test sperma. Suami saya juga bukan perokok dan tidak pernah meminum minuman yang ber-akhohol. Bulan kemarin ternyata tidak hamil juga, dan dokter menyarankan untuk test HSG. Apakah perlu untuk wanita yang sudah pernah hamil dan melahirkan untuk test HSG ??
Terima kasih

Perlu ibu, karena jarak dgn kehamilan pertama sudah lama....

No comments: