Pages

Thursday, June 25, 2009

KAPAN TERJADI PEMBUAHAN

Mau tanya, berdasarkan kalkulator ovulasi, masa subur saya antara tgl 3-8 nov`08 . Tgl 5 nov 08 saya ke dokter dan diberi jadwal berhubungan tgl 6,8,10 nov 08. Kira2 kapan terjadi pembuahan ? Apakah saya bisa tau secepatnya, hamil atau belum ?
Tanda2/gejala hamil itu apa aja ?
Terimakasih dok.

Pembuahan adalah proses penyatuan sel telur dan sel sperma. Pembuahan atau konsepsi ini dapat terjadi jika senggama dilakukan pada masa sekitar ovulasi.
Setelah ovulasi, sel telur ditangkap oleh fimbria dan menempuh perjalanan sepanjang sel telur. Jika dalam waktu yang hampir bersamaan terdapat sperma dalam saluran tersebut maka terjadilah pembuahan.

Sel sperma menempuh perjalanan melalui serviks dan uterus sebelum sampai ke saluran telur. Hanya satu sperma saja yang akan berhasil membuahi sel telur dari sekian juta sperma yang dikeluarkan saat senggama. Setelah terjadi pembuahan maka sperma yang lain akan mati.

Zygot akan mencapai rahim dalam 5 hari setelah pembuahan lalu berimplantasi. Mulai tahap inilah sel zygot kemudian memperbanyak diri, tumbuh dan berdiferensiasi sampai menjadi janin. Selama kehamilan tidak terjadi ovulasi karena sistem hormonal bekerja untuk mempersiapkan kehamilan sehingga siklus haid berhenti selama fase ini.

Tanda-tanda kehamilan salah satunya adalah tidak keluarnya darah haid. Sebaiknya di test pack or cek ke dokter kandungan. Semoga membantu, terima kasih.

No comments: