Pages

Monday, October 11, 2010

Pusing Akibat Kejedot Pintu Angkot

Dok, kepala saya kejedot pintu angkot sampai menimbulkan berbenjol. Dan keesokan harinya, kepala saya jadi pusing 7 keliling dan sedikit nyeri. Sekarang ini sudah 3 hari saya rasakan pusing dan nyeri di kepala. Kenapa ya dokter pusingnya tidak hilang-hilang? Mohon bantuannya. Trimakasih.

Syifa (Perempuan Lajang, 20 Tahun), zieantie.fha69@gmail.com
Tinggi Badan 162 Cm dan Berat Badan 82 Kg

Jawaban

Struktur kepala dilindungi oleh tulang tengkorak yang keras dan diikuti dengan cairan penyangga otak untuk menjaganya dari benturan ringan. Benturan yang berlebih dapat mengakibatkan gangguan otak. Terutama apabila terjadi gangguan pembuluh darah di otak, karena daerah tersebut sangat rentan terjadinya trauma.

Apabila melihat kejadian yang Anda alami yakni sudah tiga hari tapi masih bisa online dengan baik tanpa adanya gangguan kesadaran apapun, dapat diharapkan bahwa yang terjadi saat itu hanya benturan ringan, dan saat ini sedang dalam masa penyembuhan akibat trauma tiga hari lalu (sampai benjol).

Yang perlu diwaspadai atas trauma pada kepala apabila terjadi penurunan kesadaran yang berawal dari sensai mengantuk sampai tak sadarkan diri, sakit kepala hebat, mual muntah sampai dengan adanya gangguan fungsi organ tertentu.

dr. M. Helmi, Sp.An., MSc.

No comments: