Pages

Saturday, November 20, 2010

Hentikan Pil KB, Dapat Menstruasi

Selama siang dokter. Saya Tia, 24 tahun lebih 3 bulan. Saat ini saya memakai pil KB. Tetapi pada bulan ini saya menghentikan meminum setelah habis tujuh butir pil KB. Lalu saya dapat menstruasi tiga hari setelah menghentikan pil KB.

Kenapa begitu dokter? Saya menstruasi setiap tanggal 15, tapi kenapa bulan ini (Januari) tidak datang?

Terima kasih,
[coco_me2_03@yahoo.co.id]

Jawab:


Penghentian pil KB dengan tiba-tiba sebelum waktunya akan menyebabkan pendarahan, tapi bukan menstruasi. Siklus mens kamu akan sedikit kacau karena keseimbangan hormonnya terganggu.

Wajar kalau kamu tidak mens pada waktu yang seharusnya. Tetapi mungkin saja terjadi kehamilan kalau kamu melakukan hubungan seks pada saat masa subur. Jadi pastikan kamu tidak hamil. Jangan memakai pil KB kalau kamu belum pernah punya anak.


(Dr Anita Gunawan SpAnd)

No comments: