Pages

Saturday, November 20, 2010

Raih Kepuasan Seks Tanpa Khawatir Hamil

Salam hormat dok,

Saya Dewi Hearawati (24), karyawan swasta, baru menikah 2 bulan lalu. Saya ingin menunda untuk mempunyai anak karena saya dan suami berkomitmen untuk memiliki anak 2 tahun ke depan, karena kami sedang berusaha membangun karir kami masing-masing.

Setiap berhubungan seks, kami selalu khawatir saya akan hamil. Oleh sebab itu jika melakukan hubungan badan, suami selalu buang spermanya di luar vagina saya atau memakai kondom.

Beberapa teman saya menyarankan, jika ingin berhungan seks yang aman tanpa khawatir, maka saya harus bisa menghitung masa subur atau hitungan siklus haid.

Pertama, bagaimana cara menghitung masa subur atau tidak subur? Misalkan saya haid atau menstruasi setiap bulannya tanggal 1, dan haid selesai dalam keadaan normal di mana berlangsung 7 hari selesainya. Kira-kira tanggal berapakah masa sabur saya?

Kedua, apa yang harus saya dan suami pergunakan atau harus melakukan apa untuk mendapatkan kepuasan seks tanpa rasa khawatir akan hamil?

Besar harapan saya, mudah-mudahan dokter berkenan membantu menjawab masalah yang saya alami ini. Terima kasih.

[d_herawati@yahoo.com]

Jawab:


Masa subur seorang wanita pada umumnya terjadi 14 hari sebelum haid yang akan dating, sehingga akan sulit menghitung bagi wanita yang panjang siklus haidnya maju mundur, sedang sperma bertahan hidup dengan baik di organ reproduksi wanita selama 72 jam atau 3 hari.

Melakukan hubungan seksual dengan rasa kawatir akan sangat mengganggu bangkitan seksual dan kepuasan seksual. Maka sebaiknya gunakanlah kontrasepsi yang aman bagi pasangan yang belum mempunyai anak, seperti kondom dan pil kontrasepsi yang sequensial.


(Dr Nugroho Setiawan, SpAnd)

No comments: