Pages

Thursday, December 16, 2010

Kulit Warna Gelap di Selangkangan

Kulit saya di sekitar selangkangan hingga ke belakang pantat bagian bawah berwarna agak lebih gelap dibanding warna kulit saya aslinya. Kulitnya itu seperti kulit warna terbakar, namun saya tidak merasa gatal maupun gangguan lainnya, hanya cukup mengganggu dalam penampilan saja. Kulitnya juga terasa lebih kering dibandingkan kulit di sekitarnya, dan kadang-kadang kulitnya gampang terkelupas namun tidak sakit. Cukup terasa gatal apabila sehabis berkeringat dan didiamkan cukup lama (tidak langsung mandi atau membersihkan diri), yang lebih gatal dibandingkan gatalnya orang yang belum mandi.

Awalnya saya anggap ini normal, namun lama-lama cukup mengganggu. Harus diketahui, bahwa kalau saya tidak salah kulit bermasalah ini sudah semenjak saya kecil, yang saya akui bahwa waktu kecil dulu saya tidak suka mandi sehabis berolahraga ataupun habis beraktifitas seharian. Walau kebiasaan itu telah berubah semenjak saya SMP dan saya justru jadi rajin mandi, namun warna kulit dan gatalnya tidak pernah hilang. Awalnya cukup kecil (di sekitar selangkangan saja di bawah lipatan buah zakar), namun karena dulu waktu kecil sering saya garuk, kulit yang gatal pun melebar hingga sekarang cukup mengganggu.

Yang saya tanyakan, apakah ini termasuk penyakit kulit? Apakah ini gangguan akibat jamur atau sejenisnya? Kalau iya, apa yang dapat saya lakukan untuk menghilangkannya? Apakah cukup dengan salep, atau ada perawatan khusus? Terima kasih atas konsultasinya, wassalam

Jawaban:

Waalaikum salam wr. wb.

Saudara Haya,

Jika saya membaca kisah kulit Saudara, saya memang lebih menduga ke arah penyakit kulit yang disebabkan jamur. Kesan ini timbul dari cerita Saudara yang kurang menjaga kebersihan, yang merupakan faktor predisposisi terjadinya penyakit ini.

Ditambah lagi dengan adanya rasa gatal terutama bila berkeringat, wana lebih gelap, dan yang makin lama makin menyebar. Penyakit jamur memang sulit sembuh sendiri bila tidak diobati sehingga dapat terjadi berbulan – bulan bahkan bertahun – tahun. Penjagaan kebersihan mungkin dapat mengurangi penyebaran tetapi tidak dapat mengobati penyakit yang telah ada.

Saran saya, sebaiknya Saudara tidak enggan ke dokter untuk memeriksakan diri. Dokter perlu melihat kelainan kulit tersebut sebelum memberikan pengobatan. Jika memang cukup luas atau mengenai daerah berambut, dokter akan memberikan obat minum. Dengan pengobatan yang adekuat serta dengan menjaga kebersihan diri, penyakit jamur dapat sembuh total.

Penyebab kulit di sekitar kemaluan berwarna lebih gelap lainnya adalah pengaruh hormonal pada proses pematangan organ seks sekunder yang merupakan proses pertumbuhan yang normal. Namun, pada warna gelap karena pematangan seks sekunder ini tidak menyebabkan gatal.

Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat. Terima kasih atas pertanyaannya.

Wassalaamu'alaikum. wr.wb.

(Dr. Edi Patmini SS Tuasikal)

No comments: