Pages

Wednesday, December 22, 2010

Tidak haid selama 1 bulan karena KB suntik

Saya pengguna baru KB. Saya tidak begitu mengerti dengan jenis KB. yang saya tahu hanya KB suntik 3 bln sekali, dan katanya dapat menghentikan haid. Tapi yg terjadi malah saya haid sebulan berturut-turut. Saya jadi bingung, menurut agama jika haid lebih dari 15 hari maka darah tersebut penyakit. Lalu bagaimana jika suami minta berhubungan. Tolong dijawab ya dok, terima kasih

-Arie Dheva-

Jawaban :Â

Kalau haid ibu tidak normal seperti sekarang ini sebaiknya langsung berkonsultasi ke dokter kandungan untuk diberi obat penyetop haid, jangan dibiarkan saja. Nanti ibu bisa anemia (kurang zat besi) karena terlalu banyak kehilangan darah. Ada kemungkinan ibu tidak cocok menggunakan kb suntik. Sebaiknya sekalian berkonsultasi tentang cara KB yang terbaik untuk ibu. Apabila cara KB hormonal (pil,suntik,susuk) tidak cocok maka masih ada cara lain yaitu spiral/IUD dan lain-lain.

Selama masih keluar darah Ibu tidak boleh berhubungan suami istri karena dapat membahayakan keduanya. banyak penyakit yang akan muncul, infeksi maupun kista cokla apabila darah haid masuk ke saluran indung telur Ibu. Demikian penjelasan saya yang singkat ini semoga bisa bermanfaat untuk ibu.

Terima Kasih

-Dr. Fatimah Pitaloka -

No comments: