Pages

Thursday, January 20, 2011

Keputihan dan Haid Tidak Teratur

Salam kenal dokter. Perkenalkan saya Rita. Saya ingin konsultasi mengenai seputar masalah daerah kepribadian wanita.

Dokter, sebelum menikah saya tidak pernah mengalami keputihan dan tanggal haid saya pun teratur. Tetapi setelah menikah dan punya anak, setiap saya mau haid pasti keputihan dulu, warnanya agak kuning tetapi tidak bau dan ini sangat mengaggu saya. Ditambah lagi sekarang tanggal haid saya jadi tidak teratur. Apakah ini normal?

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak.

Mamba Rita
[mambarita@ymail.com]

Jawab:


Keputihan merupakan tanda terjadi infeksi lendir mulut rahim, dapat terjadi karena kebersihan kurang, kelembaban vagina yang berlebih, kebiasaan yang salah, tertular penyakit menular seksual, dan lain sebagainya.

Keadaan tersebut tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Segera hubungi dokter Anda untuk diperiksa dan mendapatkan solusinya.


(Dr Nugroho Setiawan, SpAnd)

No comments: