Pages

Wednesday, March 2, 2011

Diabetes

Pagi Dr.

Saya mau tanya ayah saya sudah periksa ke dokter dilampung. Ayah saya
diabetes tapi nafas sampai sesak nafasnya tidak legak. Dari nafasnya gantung dan
susah bernafas sampai pernah di opname di rumah sakit dan kepala sakit sekali
dan tidak ada nafsu makan, udah kedokter 1 minggu sekali. Tapi sepertinya tidak
ada perubahan sampai saya mencari solusi2 dari internet cara pengobatan diabetes
Ayah saya bagaimana ya dokter jalan keluarnya. Saya kasihan dan bingung dengan kondisi
ayah saya apa lagi tahun depan insya alah ayah saya mau naik haj. Takut dia
tidak kuat disana. Mohon jawabanya saya tunggu. Terima Kasih

- Gita -Â

Jawaban :

Yth Mba Gita

Pengobatan Diabetes Mellitus (DM) meliputi pengobatan dari dokter dan perubahan gaya hidup dari pasien, sehingga diperlukan kerjasama antara dokter dan pasien untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Selain mengkonsumsi obat dari dokter, ayah Anda juga harus mulai menjalankan program diet khusus DM dan berolahraga ringan secara teratur. Saya sarankan ayah Anda untuk menghubungi ahli gizi untuk perencanaan makan beliau, dan kerjasama dari keluarga sehingga ayah Anda tetap menjalankan program diet tersebut. Perlu diingat bahwa pengobatan DM merupakan pengobatan jangka panjang sehingga kita tidak bisa mendapatkan efek yang maksimal dalam waktu yang cepat. Untuk mengontrol gula darah saat ibadah haji, ayah Anda bisa membawa alat pengukur gula darah secara cepat sehingga kontrol gula darah tetap terjaga.

Saya harap keterangannya cukup membantu. terimakasih atas pertanyaannya.

Wassalam

- Dr.Anggraini -

No comments: