Pages

Thursday, April 21, 2011

Golongan Darah

Saya dan isteri sama-sama memiliki golongan darah A, tapi anak saya yang nomor dua bergolongan darah AB. Apakah sudah pasti anak saya tersebut bukan anak biologis saya ? (isteri saya menyeleweng ?). Terima kasih atas penjelasannya.

- Mansurahman-

Jawaban :

Pertama-tama saya sarankan semua anggota keluarga Bpk Mansurahman untuk mengecek kembali golongan darah di tempat yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya (lab resmi, PMI).

Apabila seseorang bergolongan darah A menikah dengan orang bergolongan darah A, maka anak-anaknya hanya akan bergolongan darah A atau O. Lebih jelasnya begini, Kita mengenal golongan darah A,B,AB dan O.
A dan B merupakan golongan darah dominan. jadi ketika kedua golongan tersebut bertemu, keduanya akan muncul sebagai golongan darah AB. sedangkan golongan darah O merupakan golongan darah resesif. jadi dia baru akan muncul pada persiangan antar golongan darah O.

Ketika kita bergolongan darah A, sebenarnya tetap ada dua golongan darah hasil persilangan orang tua kita, AA atau AO. Tetapi karena O merupakan golongan darah resesif, maka tetap kita sebut A.
Misalnya Bapak dan istri sama-sama bergolongan darah AO. Apabila disilangkan secara sederhana menurut hukum Mendel maka akan didapat persilangan AA atau AO atau OO (kalau dibaca menjadi golongan darah A atau A atau O). Jadi anak-anak Bapak tidak akan mungkin mempunyai golongan darah AB.


untuk lebih jelasnya saya sarankan Bapak berkonsultasi langsung ke dokter agar terjadi percakapan dua arah seputar masalah ini.

Salam

- Dr. Fatimah.P-

2 comments:

Anonymous said...

DOk saya mau tanya bapak saya glongan darah nya AB ibu saya B dan kaka saya B kok kenapa saya O sendir ya padahal scara biologis saya anak kandung ... minta penjelasan nya terima kasih

Galaxy S III Mini said...
This comment has been removed by the author.