Pages

Monday, March 1, 2010

Kanker Kapiler

Dengan Hormat.
Suami saya mempunyai penyakit kanker kapiler dan telah usai pengobatan 5 / lima bulan yang lalu, selama 5 bulan ini kembali cek ulang kedokter selama 5 kali juga dan hasil pemerksaan sangat memuaskankan, dokter mengatakan tidak ada gejala - gejala kapiler didalma darahnya. Yang ingin saya pertanyakan adalah :
1. saya sedang hamil satu bulan, apakah bayi yang saya kandung normal?....
2. Akankah kapiler yang diderita suami saya terjangkit ke bayi yang saya kandung?...
Terima kasih ....

-Crying Heart-

Jawaban:
Terima kasih atas pertanyaan Ibu.
Begini, normal atau tidaknya bayi dalam kandungan tidak dipengaruhi secara langsung oleh penyakit kanker yang diderita suami Ibu. Memang ada beberapa faktor yang mempengaruhi bayi dalam kandungan yaitu genetik, minum obat-obatan yang mempengaruhi janin, radiasi, virus, dll. Untuk mengetahui itu perlu pemeriksaan antenatal care yang teratur.

Penyakit kanker memang dapat menurun secara genetik. Tetapi biasanya faktor genetik tidak berdiri sendiri melainkan juga harus disertai adanya faktor-faktor lain baru ia dapat mempengaruhi kelainan pada janin. Faktor-faktor lain itu misalnya riwayat radiasi, mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat penyebab kanker, dll. Untuk mendeteksi secara dini ada tidaknya kanker pada bayi/janin, kita dapat melakukan pemeriksaan biomolekuler (namun pemeriksaan ini masih sangat jarang di Indonesia).

Demikianlah jawaban dari kami, semoga bermanfaat.


(Dr. Yogi Prabowo)

No comments: