Pages

Sunday, February 28, 2010

Infeksi Saluran Kencing

Saya pria berumur 29 tahun.
Pada saat kencing, sakit sedikit pada saluran kencing, tetapi sakitnya hanya pada saat kencing keluar pertama. Saya sakit apa. Apakah ada infeksi pada saluran kencing. Terima Kasih.
-Budi-

Jawaban:
Sdr. Budi yang kami hormati,

Berdasarkan keterangan yang anda berikan, kemungkinan anda memang menderita infeksi saluran kencing pada bagian distal (paling ujung). Infeksi Saluran Kencing atau disebut dengan ISK memang lebih sering mengenai kaum pria karena saluran kencing pria lebih panjang daripada perempuan. ISK ini disebabkan karena masuknya kuman-kuman ke dalam saluran dari daerah sekitar lubang kencing.

Untuk saat ini, saya menyarankan anda untuk banyak minum air putih dulu minimal 2 liter/hari agar anda dapat buang air kecil lebih sering. Hal ini baik karena secara otomatis daerah yang terinfeksi akan terbilar/tercuci oleh urine yang memang bersifat steril. Bila hal ini sudah anda dicoba selama beberapa hari dan belum juga ada perbaikan atau malah keadaan tetap bertambah parah, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat terapi obat.

Selain itu, sebagai pencegahan jagalah selalu kebersihan penis dan daerah sekitarnya dengan baik. Apabila anda telah beristri, sebaiknya istri juga diterapi karena sebagian besar kasus perempuan yang mengalami ISK tidak menampakkan gejala.

(Dr. Lian Marliana)

3 comments:

bunga said...

trims dokter infonya sangat bermanfaat juga bagi saya...

Gandi pangestu said...

dokter , saya mau tanya , istri saya mengalami gatal dalam vaginanya dok, terasa gatal setiap saat dan perih dok , sekarang ini susah untk beraaktifitas dok , mohon dok secepatnya konfirmasikan obat apa yang bisa nyembuhin istri saya saya takut berdampak buruk untuk kehamilan dok , terima kasih

Best Regards

Gandi Pangestu

085786279495

Anonymous said...

dok saya mau tanya, saya sering mengalami nyeri setelah kencin dan keluar bercak putih seperti tepung setelah kencing. menurut anda saya terkena penyakit apa dan apa ada obat dan solusi penyembuhan nya