Pages

Sunday, February 28, 2010

Penyakit AIDS

Pertanyaan :

Waktu dulu saya pernah berhubungan intim dengan PSK ( Pekerja Seks Komersial ). Pas seminggu pada kencing saya ada nanahnya. Yang mau saya tanyakan, Apakah di dalam tubuh PSK terdapat berbagai macam penyakit, Soalnya saya takut dok kalau terkena AIDS. Mohon jawabannya.

- Erik -

Jawaban :

Perilaku seksual yg tidak aman dan tidak sehat dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit menular seksual. Manifestasi gejala yang timbul dari penyakit ini dapat berbagai macam bentuk. Salah satunya adalah gejala yang anda alami saat ini. Penyebab tersering adalah bakteri N. Gonnorhoeae yg dikenal dgn istilah GO. Akan tetapi ada juga bakteri penyebab lain yang dapat menimbulkan manifestasi gejala ini.

1. Apakah PSK menyimpan penyakit ?
Secara umum setiap orang pada dasarnya memiliki potensi untuk mengidap penyakit menular tertentu. Akan tetapi ada beberapa kelompok yang tergolong resiko tinggi untuk terkena penyakit menular seksual dan berbahaya seperti HIV. PSK merupakan bagian dari kelompok ini. Hal ini dapat terjadi oleh karena cara penyebaran penyakit ini berasal dari sekresi cairan tubuh seperti air mani (sperma), cairan vagina dan darah.

2. Apakah anda tertular HIV AIDS?
Hal ini sangatlah sulit untuk diketahui dengan pasti oleh karena penderita HIV AIDS pada fase awal biasanya tidak bergejala. Akan tetapi ada beberapa tanda fisik yang dapat dengan mudah dikenali seperti berat badan yang menurun lebih dari 10% dalam sebulan, diare lebih dari sebulan, demam lebih dari sebulan.

Untuk memastikan bhw itu adalah HIV AIDS masih diperlukan pemeriksaan LAB. Untuk menunjang diagnosa. Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Hormat Saya,

- Dr. Tomy Nurtamin -

1 comment:

Unknown said...

selamat malam dokter ,
saya pernah melakukan hubungan seksual dengan orang yang terjangkit HIV , awalnya saya tidak tahu . kalau dia terjangkit HIV . saya Melakukannya lewat Anal , apakah saya pasti tertular HIV ? lalu apa yang harus saya lakukan dok ? saya takut sekali tertular .