Pages

Sunday, February 28, 2010

Apakah saya terkena penyakit sinusitis?

Hi dok, Saya mau bertanya kepada anda ...
gejala2 yg saya alami adalah flu, hidung tersumbat. Tetapi setelah lebih kurang satu minggu, pilek yg saya derita menjadi aneh. Ingus yg saya keluarkan berbau... dan berwarna seperti pecahan bisul (nanah)dan ada unsur darah di dalamnya.

Nah, saya ingin bertanya apakah itu gejala sinusitis?
dan langkah apa yg harus saya lakukan untuk menyembuhannya???
saya sudah mengkonsumsi antibiotik dan vit C. tetapi saya belum berkonsultasi k dokter THT d karenakan biaya.

Terima Kasih..

- Johan -

Jawaban :

Johan yang baik,

Dari informasi yang anda berikan, kemungkinan besar anda menderita sinusitis atau radang di rongga sinus. Jika memang benar dan sudah cukup parah (sampai ada nanah dan darah di ingus anda), maka biasanya dengan antibiotik saja tidaklah cukup. Perlu dilakukan pembersihan rongga sinus oleh dokter spesialis THT. Jika tidak diobati dengan tuntas maka saya khawatir jika sekarang anda hanya menderita sinusitis didaerah pipi, bisa menjalar ke rongga sinus lain yang letaknya berdekatan

Jadi, saran saya anda memang sebaiknya mendatangi dokter spesialis THT di kota anda. Jika memang ada keterbatasan biaya, maka mungkin anda bisa mengurus kartu berobat untuk masyarakat tidak mampu yang disediakan oleh pemerintah.

Demikian jawaban dari saya, semoga anda memahaminya.

Wass,
dr. Ira Riza

No comments: