Pages

Monday, March 1, 2010

POLIP

Hello Dokter,

Saya mau tanya, Istri saya (25th) saat ini didiagnosa dokter terkena Polip (Infeksi di hidung) apakah penyebabnya dan berapa lama proses
penyembuhannya dan dengan cara apa saja penyembuahannya/mencegahnya (Dokter bilang klo terapi tdk sembuh ya terpaksa hrs di operasi)
Tapi mungkin ada cara lain selain operasi ( karena istri saya takut ) saat ini gejala yg terus dirasa istri saya adalah suka pusing dan batuk2.

Itu saja pertanyaan saya,atas perhatian dokter saya mengucapkan terima kasih.

Dokter bisa tolong di respon e-mail saya secepatnya.
Regards
Drajad

Jawaban:
Terimakasih pada Bp. Drajad atas pertanyaannya.
Polip hidung adalah massa (benjolan) tidak normal yang menonjol pada di rongga hidung, umumnya terjadi akibat reaksi dari peradangan yang berkepanjangan (Kronik).

Â
Biasanya terjadi pada mereka yang sejak kecil menderita sinusitis, alergi dan asma.
Jadi hal ini berhubungan dengan gejala yang dialami istri Anda yaitu pusing dan batuk (mungkin juga sering bersin, pilek serta hidung tersumbat) yang umumnya dikeluhkan oleh pasien dengan sinusitis alergi.
Proses penyembuhannya tidaklah cepat, mengingat polip ini merupakan hasil dari proses yang lama. Dengan penyembuhan melalui obat-obatan, tentu akan memakan waktu lebih lama untuk mengecilkan polip, dibandingkan dengan melakukan operasi yang juga memiliki risiko.

Obat yang diberikan dapat berupa kortikosteroid topikal dan oral. Yaitu pemberian tetesan obat langsung di rongga hidung serta prednisolon tablet minum.
Ada beberapa jenis obat tetes hidung yang mempunyai efek samping, oleh karena itu konsultasikan dengan dokter sebelum Anda menggunakannya. Dosis bervariasi dan harus berdasarkan anjuran dokter dengan kontrol teratur.

Namun bila dengan terapi obat-obatan yang maksimal tidak memberikan hasil, maka operasi adalah solusi terbaik. Operasi ada bermacam-macam cara, yang paling mutakhir dan praktis adalah dengan endoskopi (Endoscopic sinus surgery ESS).

Dengan pembedahan melalui endoskopi, risiko operasi dapat minimal. Selain itu, tehnik inipun terbukti mengurangi angka kekambuhan.

Â

Gambar diatas menunjukkan contoh potongan massa polip yang sudah dipotong (ukuran dalam inci).

Terapi optimal terutama berobat secara teratur ke dokter dapat mengurangi komplikasi dari polip. Sedangkan penyebab polip seperti sinusitis alergi juga sebaiknya diterapi, dengan mengurangi paparan terhadap alergi (debu, cuaca dingin, makanan, dll). Ingat, walaupun kecil, polip yang didiamkan saja di rongga hidung dapat membahayakan karena terletak di saluran pernafasan. Pasien pun lebih mudah terinfeksi saluran nafas atas akibat kondisi rongga hidung yang tidak normal.

Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat.

(Dr. Kennia)

2 comments:

Unknown said...

Obat Polip Alami apa dok ? selain operasi.

Anonymous said...

Cara Menyembuhkan Polip Hidung Tanpa Operasi

Penyakit polip hidung memang sangat mengganggu pernafasan anda. Karena ada sebagian rongga hidung yang tertutup benjolan berlendir. Bila dibiarkan saja tanpa pengobatan yang benar dan mujarab menghilangkan polip hidung, tentu benjolan berlendir ini bisa semakin membesar. Semakin besar polip akan mempersulit anda dalam bernafas. Maka sebaiknya anda segera melakukan cara menyembuhkan polip hidung tanpa operasi. Tujuannya supaya biaya operasi tidak memberatkan ekonomi anda. Operasi ini juga terkadang bukan cara terakhir dalam penanganannya. Karena bisa saja polip hidung muncul lagi pada organ penciuman ini.

Lebih baik anda memakai cara pengobatan alami atau herbal. Cara alami atasi polip hidung tersebut terbukti aman dan benar-benar mengusir polip sampai ke akar-akarnya. Sehingga tidak kembali lagi mengganggu rongga hidung anda. Asalkan anda juga melakukan pola hidup yang sehat.

Tingkatkan Asupan Vitamin C
Anda bisa mengobati penyakit polip dengan meningkatkan daya tahan tubuh anda. Caranya dengan meningkatkan konsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin C. Beberapa buah dan sayuran yang bisa anda konsumsi adalah kembang kol, brokoli, hijau cabai, cabai merah, buah merah, jeruk, kiwi, lemon dan lain sebagainya. Penyakit polip hidunga anda bisa berkurang secara alami dengan rajin konsumsi salah satu buah dan sayuran tersebut. Sehingga anda tidak perlu mengambil tindakan operasi yang berbiaya besar.

Menghisap Asap Kapulaga
Sumbatan pada hidung yang tidak nyaman bisa dikurangi dengan memakai biji kapulaga. Cara penerapan resep obat tradisional polip hidung ini sangat mudah, yaitu dengan membakar biji kapulaga pada arang yang panas. Kemudian anda bisa menghirup asapnya sebagai aroma terapi polip hidung. Selain itu, anda juga bisa konsumsi lada biji dan menghirup aroma kayu putih. Kedua cara ini juga mempunyai khasiat yang sama denagn menghirup uap hasil pembakaran biji kapulaga.

Membilas dengan Air Asin
Membilas rongga hidung dengan air asinterbukti bisa mencegah alergi akibat polip hidung. Anda bisa meramu air dan garam sebanyak satusendok teh saja. Anda bisa meneteskan air asin ini atau memasukannya memakai jarum suntik. Tujuannya mengurangi volume benjolan lendir polip hidung, hingga akhirnya menghilang dari rongga hidung anda.

Demikianlah tiga buah cara menyembuhkan polip hidung tanpa oprasi yang pastinya membuat anda ketakutan setengah mati Semoga bermanfaat share di atas.