Pages

Thursday, July 14, 2011

Olahraga Untuk Bentuk Tubuh Tipe Pir

Tanya :
Saya (28) merasa memiliki bentuk tubuh kurang proporsional. Berat badan 61 kg, sedangkan tinggi 155 cm. Saya tidak dapat mengenakan rok atau celana berukuran M (kekecilan), padahal kemeja atau blouse saya berukuran M.

Selama setahun, saya sudah mencoba aerobik dan mengurangi ngemil, tapi belum ada perubahan. Sampai akhirnya malas berolahraga. Apa saran dokter?

raxxx@yahoo.com

Jawab :
Dari data di atas, dapat disimpulkan, Anda mempunyai tipe tubuh gyneoid, yaitu terdapat timbunan lemak di daerah paha (femoral) dan bokong (gluteus), yang membuat bentuk tubuh seperti buah pir. Kegemukan tipe ini lebih menguntungkan dibanding tipe android (penumpukan lemak di daerah perut, bentuk tubuh seperti buah apel) yang kebanyakan dimiliki kaum pria. Pasalnya, tipe android merupakan salah satu ciri seseorang yang memiliki risiko lebih tinggi terserang penyakit jantung dan pembuluh darah.

Namun, sebaiknya, Anda jangan memberhentikan kegiatan olahraga. Selain aerobik, Anda juga dapat menambah latihan sendiri, misalnya dengan jalan kaki atau jogging 30-45 menit, tiga kali seminggu. Jika Anda kurang berolahraga, maka dengan sendirinya tubuh Anda yang bertipe buah pir ini lebih kendur, sehingga terlihat lebih besar.

Jangan lupa untuk menjalani pola makan yang baik. Gantilah camilah dengan buah-buahan. Sebelum makan, ada baiknya meneguk segelas air putih lebih dahulu. Setelah itu, barulah sayur, disusul dengan nasi dan lauknya. Pilih sayuran yang mengandung banyak serat, seperti bayam, dan kangkung.

No comments: