Pages

Tuesday, August 2, 2011

Ingin Cepat Punya Anak

DOKTER, kami sudah menikah selama enam bulan. Karena ada sesuatu yang sangat tercepit dan memaksa, kami pun harus melakukan kontrasepsi sebelum mempunyai anak.

Istri saya KB suntik selama tiga bulan menggunakan CYCLOFEM yang satu bulan sekali. Selama KB, istri saya tidak haid sama sekali. Padahal yang saya tahu CYCLOFEM bisa membuat haid lancar.

Setelah tiga bulan istri saya lepas KB dan hingga sekarang kurang lebih sudah lima bulan lamanya tidak KB. Namun hingga sekarang istri saya juga tidak haid sama sekali.

Kemudian kami konsultasi ke dokter spesialis kandungan dan hasil USG istri saya tidak menunjukkan adanya kelainan atau tidak normal. Waktu ini istri saya diberi obat ANORE untuk mendatangkan haidnya, namun belum juga berhasil.

Konsultasi yang kedua, istri saya diberi obat penyubur PROFERTIL, namun haid istri saya belum juga datang, apalagi sekarang kami sangat mengidam-idamkan seorang anak.

Apakah ada obat yang bisa mendatangkan haid istri saya dan bisa meluruhkan efek-efek dari KB itu sendiri? Apakah kondisi istri saya masih dalam pengaruh suntik KB sebelumnya? Bagaimana caranya agar istri saya bisa hamil? Apakah ada ramuan herbal yang bisa membantu kondisi istri saya sekarang? Saya pernah dengar obat GYNECOSIT sekali minum bisa mendatangkan haid, apakah itu tidak ada efek samping terhadap kesehatan istri saya? Bagaimana cara menilai masa subur istri saya sedangkan haid istri saya saja tidak kunjung datang? Apakah ada obat kesuburan yang sangat paten untuk bisa membantu istri saya hamil? Terima kasih sebelumnya dokter, saya mengharap agar dokter mau menjawab kegalauan kami berdua. Tolong bantuannya dengan segera.

Asyrofi Rofi [rofi_nisa@yahoo.com]

Jawaban:

Asyrofi Rofi, istri Anda tidak kunjung haid karena dipengaruhi oleh hormon. Biasanya masalah ini disebut amenorhoe sekunder. Jika istri Anda masih belum haid sebaiknya kembali ke dokter Anda untuk mendapatkan pengobatan lagi.

Perkawinan Anda baru enam bulan dan tiga bulan pertama menggunakan kontrasepsi suntik. Berarti tanpa kontrasepsi dengan waktu tiga bulan pun, keadaan ini belum bisa dikatakan pasangan kurang subur.

Obat-obatan yang akan diminum sebaiknya hasil rujukan dari dokter karena lebih aman. Dan selama isteri Anda tidak haid kemungkinan tidak ada masa subur.

Untuk penanganan pasangan yang ingin segera hamil, sebaiknya datanglah ke dokter ahli kesuburan. Semoga berhasil.

Salam

dr Nugroho Setiawan, Ms, SpAnd

1 comment:

ziya said...

apakah kemoterapi yang pernah dijalani suami berdampak pada fungsi reproduksi???