Pages

Tuesday, August 2, 2011

Kelebihan Kontrasepsi Spiral

SALAM sejahtera dokter. Saya seorang ibu dengan dua orang anak balita. Anak saya yang pertama berusia dua tahun delapan bulan dan anak kedua berumur satu tahun dua bulan.

Bulan Agustus 2007 saya memasang kontrasepsi jenis spiral. Bulan-bulan berikutnya saya masih mendapatkan haid yang teratur. Dua bulan terakhir, Oktober sampai November 2007 saya tidak mendapatkan haid sama sekali. Apakah dengan menggunakan kontrasepsi spiral saya masih bisa hamil?

Sampai saat ini saya belum memeriksakan diri ke dokter kandungan, karena saya khawatir dinyatakan hamil lagi. Padahal dua anak saya masih balita. Selama menggunakan spiral ini saya tidak mendapatkan keluhan apapun. Bisakah dokter memberikan informasi kekurangan dan kelebihan dari pemakaian alat kontrasepsi ini.

Jawaban:


Kontrasepsi jenis apapun memang mempunyai angka kegagalan yang cukup bervariasi. Itu pun tergantung dari jenis kontrasepsinya, termasuk hal ini kontrasepsi ADR ( alat di dalam rahim), seperti spiral yang mengandung tembaga (cu) atau tipe klasik (lippes lope) dengan kegagalan berkisar dua persen.

Perlu diketahui wanita berhenti haid tidak selalu hamil, tetapi bisa pula disebabkan oleh gangguan keseimbangan hormonal atau sebab lain.

Salam


dr Nugroho Setiawan, Ms, SpAnd

No comments: